Asik, Pencairan Tunjangan Intensif Guru Non PNS Akan Dipercepat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Asik, Pencairan Tunjangan Intensif Guru Non PNS Akan Dipercepat

FAJAR.CO.ID. JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mempercepat pencairan tunjangan profesi non pegawai negeri sipil (PNS), tunjangan khusus dan insentif guru non PNS pada akhir Juni ini.

“Pencairan dipercepat karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Dirjen GTK Sumarna Surapranata, di Jakarta, Senin (20/6).

Dia menambahkan, pencairan tersebut merupakan pencairan triwulan kedua. Sebelumnya, dana triwulan pertama telah cair pada April.

Menurut Pranata, anggaran tunjangan profesi non PNS sebesar Rp 4,9 triliun yang mencakup 207.596 guru. Selain itu, tunjangan khusus sebesar Rp 1,7 triliun untuk 67.028 guru dan insentif guru non PNS sebesar Rp 419 miliar untuk 116.411 guru.

“Ketiga tunjangan tersebut semuanya akan cair pada akhir Juni ini,” ujarnya.

Pranata mengatakan, proses pencairan ini akan terus dikawal oleh pemerintah pusat. Pasalnya, hingga saat ini juga masih banyak Surat Keputusan (SK) yang ditolak atau pemerintah daerah tidak dapat mencairkan.

“Ada setidaknya 663 SK yang ditolak atau tidak dapat dicairkan karena tercatat tidak aktif. Artinya, SK guru tersebut statusnya sudah pensiun, meninggal dunia dan mutasi,” jelasnya.

Dia meminta pemerintah daerah juga melakukan verifikasi ulang sebelum melakukan pencairan tunjangan.

“Saya berharap pencairan tersebut bisa tepat waktu,” harap Pranata.

Meski demikian, menurutnya, tidak menutup kemungkinan keterlambatan pencairan terjadi akibat kesalahan teknis seperti perubahan nama.

“Untuk itu, verifikasi ulang penting dilakukan agar pencairan tepat waktu,” demikian Pranata.[wah]

loading...
Click to comment
To Top