Keluar Dari PAN, Nur Alam Ingin Fokus Selesaikan Tugas Sebagai Gubernur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Keluar Dari PAN, Nur Alam Ingin Fokus Selesaikan Tugas Sebagai Gubernur

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Sosok Nur Alam memang sulit dipisahkan dengan PAN Sultra. Sejak dirinya dipercaya memimpin partai berlambang matahari terbit di Sultra, PAN melejit bagai meteor. Berkat sosok Nur Alam, kedigjayaan Partai Golkar selama yang bertahun-tahun menjadi Partai Politik (Parpol) terbesar pun diruntuhkan.

Tak heran, ia menjadi sosok yang paling diminati sejumlah parpol. Paling tidak, Parpol ingin menggunakan jasanya untuk membangun partai di Sultra. Apalagi gubernur Sultra dua periode ini memiliki jaringan yang kuat di daerah setelah tiga periode memimpin Partai Matahari Terbit.

Sikap diamnya terhadap ajakan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan berkiprah dipentas nasional untuk menjadi Wakil Ketua DPP PAN menuai tanda tanya. Apalagi ia kembali menolak diajak menjadi pengurus DPW PAN Sultra periode mendatang. Mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini hanya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi tawaran tersebut. Menurutnya, ajakan itu merupakan bentuk kehormatan.

Namun untuk saat ini, ia mengaku ingin menjadi tokoh masyarakat. Kendati bukan lagi pengurus, ia mengaku tetap orang partai. Yang menarik, ketika Nur Alam dimintai komentar terkait kepengurusan PAN Sultra ternyata orang nomor satu di Sultra itu hanya berkomentar singkat. “PAN sudah ada yang urus, bukan urusan saya lagi. Saya ingin fokus menyelesaikan masa jabatan sebagai gubernur,” kata Nur Alam singkat, akhir pekan ini.

Sebelumnya, terkait kepengurusan DPW PAN Sultra, Nur Alam masih sempat memberikan komentar. Katanya, meskipun tidak lagi menjadi pengurus PAN, mantan Ketua Koni Sultra ini yakin PAN tetap akan jaya. Sosok Umar Samiun dinilainya sangat layak menjadi Ketua DPW PAN Sultra. Dengan kapasitas dan pengalamannya, ia percaya panji-panji PAN sulit tergantikan. Apalagi Bupati Buton ini merupakan salah seorang rekannya yang tercatat sebagai pendiri PAN di Sultra. Ia menitipkan pesan agar pelaksanaan Musda PAN di Buton berjalan sukses.

Dengan segala pencapaiannya, Nur Alam mengaku tidak lagi ambisius menjadi Ketua pengurus Parpol di tingkat lokal daerah. Makanya, ia akan menutup pintu rapat-rapat pinangan Parpol di Sultra. Sebab target politik di tingkat lokal telah diraihnya. Untuk meraih tingkatan yang lebih tinggi, kemungkinan ia akan terjun di pentas nasional. Hanya saja, ia bungkam ketika ditanya mengenai Parpol selain PAN yang mengajaknya bergabung.

“Capaian tinggi di tingkat lokal kan sudah saya capai. Selama dua periode saya menjadi gubernur. Setelah itu, kan tidak ada lagi. Kalau di tingkat pusat, kemungkinan terbuka. Terkait isu adanya pinangan partai lain, itu tidak benar. Kan, saya bukan perempuan. Yang dipinang itu kan perempuan. Saat ini, saya ingin berkonsentrasi untuk menyelesaikan kepemimpinannya yang kurang lebih tinggal dua tahun lagi,” ujarnya dengan nada bercanda. (KP)

loading...
Click to comment
To Top