WASPADA! Ada 274 Daerah Rawan Longsor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

WASPADA! Ada 274 Daerah Rawan Longsor

tanah-longsor

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gejala perubahan iklim yang tidak menentu membuat potensi bencana masih mengintai sejumlah daerah di Indonesia. Pemerintah pusat telah menyampaikan peringatan dini potensi bencana ke pemerintah daerah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendeteksi terdapat 274 kabupaten/kota berpotensi rawan longsor. Total penduduk yang harus waspada bencana mencapai 40,9 juta jiwa.

“Ada 274 kabupaten/kota rawan longsor dan 40,9 juta jiwa penduduk yang tinggal di wilayah itu. Jadi perlu diantisipasi bersama-sama,” kata Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Senin (20/6).

Menurut Sutopo, peta rawan longsor tersbeut telah disebarkan ke pemerintah daerah (pemda) setempat. “Jadi kami sudah berikan petanya sejak tahun 2012. Bahkan bisa diakses dari Kementerian ESDM,” ujar dia.

Meski begitu, Sutopo menyesalkan respon pemda yang terkesan tidak sigap menjadikan siaga bencana sebagai prioritas pembangunan. Selama‎ tiga hari ini, Sutopo mengaku telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di beberapa pulau di Indonesia. ‎Seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Papua.

Untuk Sumatera potensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bekulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Lampung. Selanjutnya di Pulau Jawa‎ tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kemudian di Kalimantan berada di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Serta peringatan dini di Maluku dan Papua. “‎Itu semua terjadi akibat suhu muka laut diatas normal perairan Indonesia barat,” ucap dia.

Disamping itu, pengaruh badai El Nino dan La Nina juga berdampak karena 95 persen bencana di Indonesia adalah bencana hidrometeorologi. Yakni,  bencana yang dipengaruhi aspek cuaca dan kemarau. “Tahun ini adalah tahun basah,” ujar dia.

BNPB melansir jumlah ‎bencana yang terjadi di Indonesia dari awal tahun hingga 19 Juni 2016 mencapai 1.062 kejadian. Dari jumlah tersebut, korban meninggal 201 orang dan 1,7 juta mengungsi akibat bencana banjir, longsor dan puting beliung.

“Itu juga belum termasuk Jawa Tengah,” ungka Sutopo. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top