3 Alasan Mengapa Anda Harus Punya Rak Buku – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

3 Alasan Mengapa Anda Harus Punya Rak Buku

Mayoritas orang menganggap bahwa rak buku adalah furnitur yang kurang dibutuhkan di rumah. Padahal, jika mengacu pada komposisi desain interior yang baik, rak buku merupakan salah satu bagian paling dasar dari furnitur di setiap ruangan, dan juga salah satu yang paling penting.

Fungsinya tidak selalu soal merapikan koran atau majalah yang sering berserakan di rumah, tetapi lebih dari itu, jenis furnitur yang satu ini menyimpan banyak manfaat di balik keberadaannya di sudut ruangan.

Nah, apa sajakah sebenarnya manfaat dari menggunakan rak buku?

#1 Koleksi buku lebih rapi

Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, keberadaan rak buku di salah satu sudut ruangan rumah adalah hal yang tidak bisa ditawar. Tujuan utamanya tidak lain adalah sebagai media penyimpanan agar buku tersusun rapi di satu fasilitas tertentu sehingga tidak berantakan dan selalu terawat. Akan sangat disayangkan jika buku dibiarkan tergeletak begitu saja seusai membaca. Tentunya buku akan rusak dan hilang, apalagi jika buku tersebut tergolong langka dan harganya mahal.

Pertimbangan lainnya adalah karena rak buku dapat menjadi sebuah katalog sederhana. Seringkali kita kesal karena kesulitan menemukan buku tertentu di saat kita membutuhkannya, bukan? Dengan rak buku, Anda dapat melakukan pengelompokan buku berdasarkan temanya, misalnya buku finansial, novel fiksi atau non-fiksi, cerpen, motivasi, dan lain-lain.

#2 Mengenalkan anak pada dunia membaca

Perilaku anak biasanya dipengaruhi oleh orang tua. Sebuah rak dipenuhi dengan aneka ragam buku bacaan adalah wujud nyata dari perilaku tertentu. Dengan keberadaan rak buku, Anda dapat menggiring perhatian anak Anda ke dalam tumpukan atau deretan buku di ruangan tersebut. Rasa ingin tahu anak yang tinggi mendorong mereka untuk sesekali bertanya, melihat, mengambil dan lalu mencoba membaca isi di dalamnya. Lambat laun hal ini akan menghasilkan sebuah kebiasaan yang baik, yaitu anak yang gemar membaca.

Lebih dari sekadar mengandalkan rak buku sebagai “display”, tentu saja dibutuhkan turun tangan Anda langsung untuk mendorong terbentuknya kebiasaan baik ini. Yang paling sederhana dan paling berhasil adalah dengan membaca buku di depan mereka. Lebih baik lagi jika rak buku tersebut ditemani oleh beberapa sofa nyaman dikhususkan untuk membaca.

#3 Pemanis ruangan di rumah

Produk yang baik adalah produk yang mampu memiliki fungsi lebih dari satu. Begitu juga dengan sebuah rak buku, sebuah rak buku yang baik bukan hanya sebagai media penyimpanan dan pengorganisasian buku yang efektif, namun juga dapat menjadi rak pajang yang indah.

Dalam hal ini, rak buku dapat memenuhi fungsi lainnya sebagai salah satu elemen estetis yang dapat mempercantik sebuah ruangan. Rak buku yang beredar di pasaran memiliki desain dan material pembentuk yang berbeda-beda yang dapat Anda sesuaikan dengan tema tertentu pada ruangan terkait. Misal, Anda dapat menggunakan rak buku dengan bahan dasar kayu untuk tema ruangan klasik dan logam atau kaca untuk tema ruangan yang lebih modern. Semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Sebagai tambahan, pada beberapa situasi, rak buku juga dapat menunaikan sebuah fungsi sebagai penyekat atau pembatas ruangan. Rak buku jenis ini memiliki ukuran yang relatif besar sehingga bisa membatasi antara ruangan satu dengan yang lainnya. Hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menjadikannya pembatas ruangan adalah, ukuran yang dipilih harus sesuai dengan ukuran ruangan di rumah Anda. Karenanya, kebanyakan rak buku dengan ukuran ini biasanya dipesan dan dibuat secara “custom” atau sesuai pesanan pembeli.

Terlepas dari semua manfaat rak buku di atas, deretan buku-buku di dalamnya akan menjadi tidak berguna dan tidak penting kalau mereka tidak dibaca, tidak pernah disentuh, dibuka, dan hanya menjadi pajangan di rak buku semata. Istilah penulis adalah “buku yang terpenjara”. Semoga artikel ini memotivasi Anda untuk memiliki rak buku. Bagi Anda yang belum memiliki rak buku segera dapatkan rak buku terbaik di dekoruma.com

To Top