Menurut Jonan, Ada Dua Opsi Kendalikan Jalur Mudik, Batasi Motor Plat B atau Tidak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Menurut Jonan, Ada Dua Opsi Kendalikan Jalur Mudik, Batasi Motor Plat B atau Tidak

mudik

FAJAR.CO.Id, JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku kesulitan mengendalikan arus pemudik Lebaran menggunakan sepeda motor. Karena itu, Jonan berencana membatasi jumlah sepeda motor yang setiap tahun meningkat untuk transportasi mudik.

Menhub Jonan memperkirakan, jumlah pemudik menggunakan motor pada Lebaran tahun ini naik 50 persen.

“Namun untuk membatasi motor, saya mesti lihat dulu bagaimana, apakah nanti misalnya Plat B hanya boleh beroperasi di wilayah Jabodetabek saja, yang lainnya tidak boleh, nanti kita kaji,” ata Jonan saat rapat koordinasi dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (20/6).

Diakuinya, pemudik lebih memilih sepeda motor karena alasan personal, yaitu sebagai tanda kesuksesan setelah merantau di kota dan karena memang suka berkendara dengan sepeda motor. “Saya setiap tahun tawari satpam saya tiket kereta gratis, enggak pernah mau katanya senang naik motor bersama teman-teman seperti berdarmawisata,” katanya.

Menurut dia, banyak faktor yang menyebabkan pemudik memilih mengendarai sepeda motor dibanding moda lainnya, salah satunya tidak tersedianya angkutan umum yang layak di daerah.

“Ada masalah, yakni Kemenhub itu sudah tidak punya ‘kaki’ di daerah, kewenangan pengaturan angkutan AKDP (antarkota dalam provinsi) itu Gubernur, sementara angkutan perkotaan itu Wali Kota atau Bupati masing-masing daerah, ini PR (pekerjaan rumah) besar,” kata Jonan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, prakiraan kenaikan jumlah sepeda motor hingga 50 persen atau 5,6 juta unit sepeda motor pada masa angkutan Lebaran 2017 dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 3,7 juta sepeda motor.

Jonan segera mengembangkan program mudik gratis bagi pesepeda motor dengan lebih menarik serta mengupayakan agar kuota kereta api lebih banyak.

“Ya bisa saja menggaet operator yang membuat program mudik gratis dapat motor atau kereta khusus Lebaran, bisa saja,” jelas Jonan. (kan/pj1)

loading...
Click to comment
To Top