Alwi Hamu Buka Malam Seni Lukis Nusantara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Alwi Hamu Buka Malam Seni Lukis Nusantara

lukisan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Staf Khusus Wakil Presiden RI, HM Alwi Hamu membuka secara resmi Malam Pagelaran Khasanah Seni Lukis Nusantara di Ballroom

Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu, 22 Juni. Sebanyak 34 pelukis ternama dari berbagai daerah ditampilkan yang mengambil nuansa religius, nasionalis, lingkungan, dan sosial budaya ini.

Dalam sambutannya, Alwi Hamu menyebutkan, pentingnya mengoptimalkan semua potensi negeri ini. Kalangan seniman kata dia, perlu terlibat dalam menunjukkan karyanya sebagai bentuk manifestasi dari keanekaragaman bangsa ini. Hal ini kata Alwi adalah anugera besar dan terbukti sejumlah pelukis ternama bangsa ini telah menunjukkan karyanya dan diakui baik dalam maupun luar negeri.

Kegiatan yang dilaksanakan Art Enterprise ini kata Alwi sangat tepat untuk membangun seluruh potensi bangsa ini. Hal tersebut yang membuatnya tertarik saat diajak pelaksana untuk menyelenggarakan pameran lukisan ini. Dari pagelaran ini menurutnya, akan menggugah hati elemen bangsa untuk meningkatkan semangat kebangsaan.

“Diperlukan peran serta daru segenap elemen bangsa. Salah satunya dari unusr seni budaya. Seperti kita ketahui, negara kita dalam bidang seni rupa memiliki keunggulan komparatif. Baik secara kualitas maupun kuantitas. Terbukti telah lahir nama-nama besar seperti berkaliber dunia seperti Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, SS. Soedjono, dll,” kata Alwi.

Firdaus Alamhudi, pelukis asal Jakarta yang ikut ambil bagian dalam pagelaran ini mengatakan, dengan adanya acara semacam ini, maka akan memberikan dampak penghargaan atas karya para seniman tanah air. Apalagi, kata ini diikuti pelukis dari sabang sampai merauke. Apalagi, dengan potensi seni rupa di Indonesia yang luar biasa.

Seniman kata Firdaus perlu dihargai. Perlu ada peran yang diberikan. Pasalnya, kehadiran pelukis, bukanlah hal yang bisa dipelekan. Pelukis akan memberikan sketsa negeri. Dengan menggali potensi yang ada di daerah atau lokalitasnya masing-masing. “Itulah yang membuat, mengapa pelukis Indonesia hebat -hebat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pagelaran, Faris Ash Shiddieqy mengatakan, selain acara ini merupakan bagian dari penghargaan pada insan seni. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk disalurkan melalui yayasan sosial nantinya. Dana akan dikumpul dari sebagian hasil penjualan lukisan dalam acara ini.

“Kami bersyukur karena respons dari masyarakat khususnya kalangan kolektor sangat positif. Baru saja dibuka pameran ini, sudah ada beberapa kolektor yang melakukan penawaran. Ini sangat baik. Apalagi, ini adalah lukisan nusantara karena berasal dari 34 pelukis dari sabang sampai merauke,” sebutnya. (arm)

loading...
Click to comment
To Top