Kebijakan Jokowi Dongkrak Investasi Asing Harus Didukung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Kebijakan Jokowi Dongkrak Investasi Asing Harus Didukung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Langkah Presiden Indonesia Joko Widodo mendongkrak investasi asing di Indonesia harus mendapat dukungan dari semua pihak, karena membangun iklim atau kemudahan berinvestasi adalah kerja tim.

“Setiap kali Presiden Jokowi ke luar negeri, selalu bertemu investor asing, tujuannya agar  modal masuk dan iklim berinvestasi kita naik,” kata Staf Khusus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gideon Ketaren di Jakarta Rabu (22/6).

Menurut dia, sungguh disayangkan jika masih ada yang secara sengaja dan sadar melemahkan atau memperburuk iklim berinvestasi di Indonesia, padahal Presiden Jokowi sudah berusaha keras menata birokrasi agar sesuai dengan harapan investor.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, kata Gideon, adalah pemangkasan waktu pengurusan izin investasi di BKPM.

“Tentunya upaya ini dimaksudkan meningkatkan kemudahan investasi. Sayang  kalau ada hal buruk selalu menyebar dengan cepat, hal baik belum tentu menyebar,” katanya.

Dia mengatakan peringkat kemudahan berinvestasi di Indonesia yang kini masih di peringkat 109, dan merupakan rangking terendah di ASEAN (di luar Myanmar), tahun 2017 mendatang diharapkan menjadi 40.

“Tetapi sokongan dari sisi penegakan hukum (law enforcement) sangat dominan, sehingga perlakuan Polri sangat mempengaruhi peringkat berinvestasi. Jangankan perlakuan terhadap investor asing, kepada warga sendiri pun berpengaruh.”

Maka BKPM mengharapkan aparat penegak hukum bekerja baik, supaya urusan-urusan perdata jangan justru ditangani secara pidana.

“Jangan sampai pihak terlapor belum pernah dimintai keterangan, namun sudah membuat kesimpulan,” demikian Gideon.[wid]

loading...
Click to comment
To Top