Kroasia Bungkam Juara Bertahan Spanyol 2-1 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Kroasia Bungkam Juara Bertahan Spanyol 2-1

FAJAR.CO.ID, BORDEAUX – Kroasia lolos ke babak 16-besar Euro 2016 dengan cara yang luar biasa. Menghadapi Spanyol, Rabu (22/6) dini hari WIB, tim asuhan Ante Cacic tersebut mampu unggul 2-1.

Gol telat Ivan Persisic pada menit ke-87 memastikan Kroasia menjadi juara Grup D, sementara Spanyol harus puas sebagai runner-up.

Sebelum laga, Kroasia sudah dipastikan lolos ke babak 16-besar mendampingi Spanyol dari Grup D. Ini tak lepas dari hasil di Grup C, beberapa jam sebelumnya. Kroasia lolos minimal sebagai peringkat ketiga terbaik.

Akan tetapi, sepertinya itu tak membuat Ivan Rakitic cs puas. Maklum saja, Spanyol adalah lawan yang kerap menjadi batu sandungan bagi mereka. Kroasia pun termotivasi untuk bisa meraih kemenangan pertama atas Spanyol sejak 1994. Ya, sebelum bertemu di fase grup Euro 2016 ini, Kroasia terakhir menang atas Spanyol pada 1994 dalam laga persahabatan.

Sepertinya dominasi Spanyol atas Kroasia bakal berlanjut. Laga baru berjalan 7 menit, Alvaro Morata sudah membuat La Furia Roja unggul setelah memanfaatkan assist dari Cesc Fabregas. Ini menjadi gol ke-3 Morata di Euro 2016.

Tersentak gol dari Morata, Kroasia lantas berusaha untuk membalas. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta jelang turun minum. Umpan Perisic mampu dimanfaatkan oleh Nikola Kalinic mengoyak gawang David De Gea lewat tendangan back heel. Aksi tersebut seperti yang pernah dilakukan Zlatan Ibrahimovic.

Memasuki babak kedua, Spanyol terus mengurung pertahanan Kroasia untuk mendapatkan gol kedua. Kans terbuka ketika mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-72. Tapi, tendangan Sergio Ramos mampu dibendung olej Danijel Subasic.

Ketika laga sepertinya berakhir seri, sebuah serangan balik cepat pada menit ke-87 membuat suporter La Furia Roja terdiam. Perisic yang mendapat sodoran dari Kalinic mampu membawa bola memasuki area terlarang Spanyol dan dengan kaki kirinya menghajar bola yang kemudian meluncur deras ke pojok kiri gawang De Gea. Kroasia unggul 2-1.

Sampai peluit panjang dibunyikan, Kroasia berhasil menang 2-1. Ini menjadi kemenangan pertama Kroasia atas Spanyol sejak 1994. Selain itu, ini menjadi kekalahan pertama La Furia Roja di ajang Euro dalam 12 tahun terakhir. Sebelum kalah, Spanyol mencatat 11 kemenangan dan 3 seri dari 14 laga sejak Euro 2008.

Menariknya, aktor kekalahan Spanyol yakni Kalinic dan Perisic melakukan kolaborasi ciamik. Gol Kalinic merupakan umpan Perisic, sedangkan gol Perisic umpan dari Kalinic.(epr/JPNN) 

Susunan Pemain
Kroasia (4-2-3-1): Subasic; Srna, Corluka, Jedvaj, Vrsaljko; Rog (Kovacic 82), Badelj; Pjaca (Cop 90), Rakitic, Perisic (Kramaric 90); Kalinic
Pelatih: Ante Cacic

Spanyol (4-3-3): De Gea; Juanfran, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Fabregas (Thiago 84), Iniesta; Silva, Morata (Aduriz 67), Nolito (Soriano 60)
Pelatih: Vicente del Bosque

Skor: 2-1
Pencetak gol: Kalinic 45, Perisic 87 – Morata 7

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

loading...
Click to comment
To Top