Seniman Sarankan Sediakan Museum Lukisan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Seniman Sarankan Sediakan Museum Lukisan

Staf Khusus Wakil Presiden RI, HM Alwi Hamu, saat menghadiri malam Seni Lukis Nusantara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Insan seni tanah air menilai masih belum mendapatkan perhatian penuh pemerintah dalam pengembangan nilai-nilai bangsa lewat karya mereka. Ini dibuktikan, dengan masih minimnya acara yang mendapat sambutan baik dari pemerintah jika berkaitan dengan seni. Dunia seni masih belum mendapatkan support yang mumpuni dari para pengambil kebijakan.

Salah satu yang diimpikan para pelukis adalah disiapkannya museum khusus untuk menampung karya seni dari berbagai daerah. Dengan adanya museum, maka akan memberikan wadah bagi para pegiat seni untuk menyampaikan karya seninya. Terlebih, karya seni dinilai sangat penting karena akan mengajak penikmatnya untuk mengenal alam, budaya, sejarah, dan hiruk pikuk negerinya dalam kanvas.

Hal ini diutarakan pelukis asal Jakarta, Firdaus Alamhadi di sela-sela acara Malam Pagelaran Khasanah Seni Lukis Nusantara di Ballroom Hotel Meridiem, Jakarta, Rabu, 22 Juni. Menurutnya, pelukis membutuhkan ruang kreasi untuk menyampaikan pesan dalam karyanya. Namun, jika kurang mendapat support, maka akhirnya banyak yang sangat hebat dalam menggali lingkungan dan lokalitasnya, tetapi tidak terlihat.

Ruang kreasi yang diminta para pelukis kata dia, bukan dalam pengertian membangun ketenaran secara personal. Namun, lebih pada cara untuk menyampaikan pesan dalam karyanya. Dengan corak budaya yang beraneka macam, maka menurut dia, sangat luas khasanah ilmu dan sarat pesan dari setiap lukisan para penggiatnya.

“Harus diakui yah, pelaku seni belum mendapatkan apa yang seperti diharapkan. Salah satu yang perlu dilakukan pemerintah adalah dengan menyiapkan museum seni. Ini sangat penting. Bangsa ini terlalu besar untuk disampaikan dalam sebuah karya seni. Kearifan lokal adalah ruang alam yang sangat penting untuk dikomunikasikan lewat seni,” ucapnya.

Staf Khusus Wakil Presiden RI, HM Alwi Hamu mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang besar. Ini tidak bisa terelakkan lagi. Bentangan pulau dengan keindahan alamnya, suku, budaya, dan ciri khas setiap daerahnya membuat takjub. Ini adalah karunia Ilahi yang menurut Alwi harus menjadi bahan perenungan. “Dan, lewat seni kita bisa meresapinya,” ujarnya. (arm)

 

Click to comment
To Top