Warga Diminta Waspada, Bencana Purwerejo Jadikan Contoh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Warga Diminta Waspada, Bencana Purwerejo Jadikan Contoh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki potensi terjadi bencana, baik itu banjir, longsor maupun gempa. Oleh sebab itu, warga diminta untuk selalu mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti yang dialami oleh saudara-saudara di Purwerejo, Jawa Tengah.

Menurut Wakil Ketua Komisi V DPR, Nusyirwan Sudjono melalui pesan pendeknya kepada wartawan, bahwa masyarakat Indonesia harus menjadikan bencana Purwerejo sebagai pengalaman, agar sebisanya mengantisipasi hal-hal serupa yang kemungkinan besar terjadi di daerah lain.

“Bencana longsor di Purworejo menjadi peringatan penting bagi kita semua. Perlunya memperhatikan daerah bencana,” kata Nusyirwan Sudjono seperti dikutip dari RMOL.COM (Grup Jawapos), pada (Rabu, 22/6).

Atas bencana di Purworejo, Nusyirman memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ergerak cepat untuk melakukan penanganan. Nusyirman juga mendorong Pemda Jawa Tengah untuk melakukan langkah cepat untuk menyelamatkan warga dari lokasi rawan bencana.

“Bila mungkin, dengan merelokasi atau memindahkan warga ke daerah aman,” kata politisi PDIP Perjuangan tersebut.

Lokasi bencana longsor di Purworejo berada pada kemiringan tebing yang sangat tajam, dengan hutan sebagian besar bukan tanaman keras dan dengan luasan cukup besar. Curah hujan yang tinggi, mendorong terjadinya kikisan tanah dan berujung pada longsor.

“Kami mendorong agar pemerintah daerah segera merelokasi warganya. Bukan hanya Pemda Purworejo, tapi juga daerah lain, agar bisa mengantisipasi lebih awal, agar tidak ada lagi korban jiwa. Keselamatan warga khususnya di daerah rawan bencana harus tetap menjadi prioritas pemerintah,” demikian Nusyirwan. [ysa]

loading...
Click to comment
To Top