Anggota DPR Usul BMKG, Publis Informasi Cuaca Secara Rutin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Anggota DPR Usul BMKG, Publis Informasi Cuaca Secara Rutin

Amelia Anggraini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Hujan lebat yang telah mengakibatkan bencana banjir dan longsor di sejumlah daerah di Jawa Tengah, membuat informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi penting untuk diketahui warga.

Anggota Komisi IX DPR RI Amelia Anggraini menekankan hal ini terkait bencana yang sudah memakan puluhan korban jiwa tersebut. Bagi Amelia, hal tersebut adalah upaya pencegahan agar hal serupa bisa dihindari atau diminimalisir.

“Kita ketahui daerah itu rawan bencana longsor sehingga informasi dan koordinasi dengan BMKG menjadi penting,” ujar legislator Partai Nasdem ini, Kamis (23/6).

Melalui sosialisasi informasi dari BMKG diharapkan masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan sehingga korban jiwa pun bisa terhindarkan.

Dalam hematnya, pasca banjir dan longsor besar ini, pekerjaan rumah bagi pemerintah adalah bagaimana membekali warga dengan pengetahuan bencana alam. Hal ini penting agar masyarakat bisa selalu siap dan sigap dalam mengantisipasi bencana.

“Tidak mudah merelokasi warga yang kena bencana. Untuk itulah harus ada upaya pencegahan dan sosialisasi terus menerus. Tujuannya agar warga paham kondisi alam sekitar,” tegasnya.

Selain itu, untuk daerah rawan bencana, pemerintah perlu menambahkan jumlah alat peringatan dini sebagai upaya membantu warga menghindari risiko bencana.

Tidak lupa, Amelia juga mengingatkan pentingnya pelayanan konseling bagi para pengungsi yang masih trauma akibat bencana ini. [rmol/rus]

loading...
Click to comment
To Top