Azikin Solthan: Aparatur Desa harus Dilatih Kelola Dana Desa, Jika Tidak… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Azikin Solthan: Aparatur Desa harus Dilatih Kelola Dana Desa, Jika Tidak…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Gerindra, Azikin Solthan meminta Kementrian Dalam Negeri untuk melakukan pelatihan kepada aparatur desa sehubungan dengan pengelolaan dana desa. Pasalnya, banyak kepala desa hingga saat ini masih belum mengerti pengeloaan dana tersebut.

“Tiba-tiba kepala desa mendapat dana yang besar untuk mengelola desa, tentunya masih banyak yang kurang paham mau diapakan dana tersebut. Kalau salah-salah dikhawatirkan banyak kepala desa yang akan masuk penjara,” kata Azikin dalam rapat dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Rabu 22 Juni 2016 di Ruang Komisi II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa, Nata Irawan, minimnya kemampuan desa mengelola dana pembangunan, tak lepas dari cara pandang pemerintah tentang desa. Pemerintah menurutnya, meragukan kemampuan pemerintah desa dalam mengelola keuangan, kegiatan pelatihan, karena selama ini peran masyarakat desa dalam melakukan kegiatan pelatihan, masih bersifat sebagai objek.

“Selain itu, model dan materi pelatihan selama ini juga semuanya diberikan dari atas, seolah itu menjadi kebutuhan warga desa,” ujarnya pada kegiatan Training of Trainer (ToT) Pelatihan Aparatur Desa, Rabu 22 Juni 2016.

Kondisi yang ada kata Tjahjo, perlu dirubah. Karena itulah kemudian Kemendagri menggelar ToT dengan melibatkan 655 pelatih dari sepuluh provinsi yang tersebar di Pulau Sumatera. Diharapkan langkah ini nantinya dapat membantu pemerintah menyosialisasikan instrumen baru, untuk menerapkan kebijakan terkait pelaksanaan Undang-Undang Desa.

“Output dari pelatihan ini akan tersedia pelatih dalam memfasilitasi pelatihan aparatur pemerintah desa untuk mendukung implementasi UU Desa. Jadi pelatihan bagi pelatih ini merupakan kegiatan yang sangat mendesak diselenggarakan. Saya menyambut baik saya berharap ada kesungguhan,” ujar Tjahjo.

Tjahjo kata Nata, percaya pelatih yang mengikuti ToT kali ini dapat membantu dan menyiapkan aparatur desa. Sehingga bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat desa. (idr/fmc)

To Top