Dua Gol CR7 di Gawang Hungaria Bikin Sejarah Baru. Portugal Lolos 16-Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Dua Gol CR7 di Gawang Hungaria Bikin Sejarah Baru. Portugal Lolos 16-Besar

ronaldo
ronaldo saat mencetak gol ke gawang hungaria. Foto: reuters

FAJAR.CO.ID, LYON – Cristiano Ronaldo tampil menggila saat menghadapi Hungaria pada laga pamungkas fase grup, Rabu (22/6) malam WIB. Kapten timnas Portugal itu mengukir rekor menawan sekaligus mengantarkan Portugal melaju ke babak 16-besar Euro 2016.

Dua gol yang dibukukan ke gawang Hungaria membuat Ronaldo menjadi pemain pertama yang sanggup selalu mencetak gol dalam 4 gelaran Euro. Ronaldo melakukannya pada Euro 2004, 2008, 2012, dan 2016. Total, CR7 – julukannya, telah mengemas 8 gol selama tampil di putaran final Euro.

Itu artinya, Ronaldo hanya butuh satu gol untuk menyamai top skorer sepanjang masa turnamen Euro, Michel Platini, yang mengoleksi 9 gol.

Terlepas dari itu, Portugal mampu lolos ke babak 16-besar meski hanya bermain imbang 3-3 kontra Hungaria. Tim asuhan Fernando Santos itu pun lolos sebagai salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik.

Portugal sempat dikejutkan oleh gol gelandang veteran Hungaria, Zoltan Gera, pada menit ke-19. Gera mencetak gol dengan cara yang luar biasa. Bola dikontrol dengan dadanya, ketika menyentuh tanah langsung dihajar lewat tendangan kaki kiri. Dengan umur 37 tahun 62 hari, Gera menjadi pencetak gol tertua kedua di ajang Euro.

Usaha keras Portugal untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil. Pada menit ke-42, Nani mampu merobek gawang Hungaria yang dijaga Gabor Kiraly.

Ronaldo memang masih mandul. Tapi, dialah yang melepaskan umpan matang bagi Nani untuk mencetak gol. Itu menjadi gol kedua Nani di Euro 2016. Gol pertama dia bukukan saat Portugal bermain imbang 1-1 melawan Islandia.

Ronaldo juga mencatat rekor spesial lain yakni pemain paling banyak tampil di putaran final Euro. Ronaldo telah bermain 17 kali. Dia mengungguli Lilian Thuram (Prancis – 16 kali), dan Edwin van der Sar (Belanda – 16 kali).

Permainan makin beringas di babak kedua. Kejar mengejar gol terjadi. Hungaria kembali memimpin lewat kapten Balazs Dzsudzsak melalui tendangan bebas pada menit ke-47. Tapi, hanya selang 3 menit, terciptalah rekor spesial Ronaldo. Dia mencetak gol pada menit ke-50 sekaligus menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam 4 gelaran Euro. Gol tersebut dihasilkan lewat tendangan backheel memanfaatkan umpan Joao Mario.

Hanya saja, Hungaria kembali unggul pada menit ke-55, kembali lewat kaki kiri Dzsudzsak. Portugal yang bertekad lolos akhirnya menyamakan kedudukan lewat sundulan Ronaldo pada menit ke-62, hasil umpan Ricardo Quaresma yang baru dimainkan pada menit ke-61. Skor menjadi 3-3.

Di sisa pertandingan, Portugal dan Hungaria masih bernafsu mencetak gol. Tapi, tak ada gol tambahan yang tercipta. Portugal lolos ke babak 16-besar. (epr/JPNN) 

Susunan Pemain
Hungaria (4-2-3-1):
Kiraly, Lang, Korhut, Elek, Dzsudzsak, Szalai (Nemeth 71), Gera (Bese 46), Lovrencsics (Stieber 83), Pinter, Guzmics, Juhasz
Pelatih: Bernd Storck

Portugal (4-4-2): Rui Patricio, Pepe, Carvalho, Eliseu, Vieirinha, Moutinho (Renato Sanches 46), Mario, William Carvalho, Andre Gomes (Quaresma 61), Ronaldo, Nani (Danilo 81)
Pelatih: Fernando Santos

Skor: 3-3
Pencetak gol: Gera 19, Balazs Dzsudzsak 47, 55 – Nani 42, Ronaldo 50, 62

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)

loading...
Click to comment
To Top