Hanya dapat Rp1 Juta dari Pensiunan Suami, Istri Nyambi Jadi Pengemis. Hasilnya Lumayan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Hanya dapat Rp1 Juta dari Pensiunan Suami, Istri Nyambi Jadi Pengemis. Hasilnya Lumayan

FAJAR.CO.ID, JEMBER – Pasukan Satpol PP dibuat terhenyak saat melakukan razia gelandangan dan pengemis (gepeng). Pasalnya, salah seorang yang kena ciduk mengaku sebagai istri purnawirawan polisi. Perempuan sepuh itu adalah Mbah Sukarti, 70, warga Kecamatan Silo. Saat didata petugas, dia menyebut bahwa suaminya adalah purnawirawan polisi.

“Suami saya telah meninggal,” ucapnya.

Namun, dia tak mau menyebutkan identitas almarhum suaminya tersebut. Yang jelas, Mbah Karti -panggilannya- menerima pensiunan Rp 1 juta per bulan.

“Nekat ngemis karena ikut-ikutan teman yang sudah mengemis. Hasilnya lumayan banyak,” ujarnya.

Dalam sehari, dia mengaku mendapat Rp 200 ribu.

”Entah kenapa, kok saya ikut mengemis. Padahal, saya punya uang pensiunan dari suami,” lanjutnya.

Razia itu digelar Satpol PP Pemkab Jember untuk mengantisipasi ledakan gepeng menjelang Lebaran. Petugas menyisir sejum­lah lokasi yang sering menjadi daerah operasi pengemis. Di antaranya, Jalan Kalimantan, Jalan Jawa, dan sekitar Matahari Dept Store.

Dalam operasi di wilayah pertokoan itu petugas mengamankan tiga perempuan yang sedang mengemis dan mengamen. Saat petugas meminta kartu identitas, ketiganya tidak bisa menunjukkan. Mereka pun terpaksa diangkut ke mobil patroli.

Selain Sukarti, petugas mengamankan Zaenab, 60, warga Dusun Rayap, Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa. Pengamen yang biasa beroperasi di sekitar Pasar Tanjung itu mengaku bisa mengumpulkan Rp 230 ribu dalam dua hari. Bahkan, dirinya sanggup membeli motor baru untuk anaknya. (jum/c1/c5/hdi/flo/jpnn)

Click to comment
To Top