Ke Sukabumi? Ini Dia 10 Destinasi Wisata yang Penting untuk Para Mudikers  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Ke Sukabumi? Ini Dia 10 Destinasi Wisata yang Penting untuk Para Mudikers 

Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar

FAJAR.CO.ID, SUKABUMI — Apa yang Anda bayangkan tentang Sukabumi? Hamparan hijau, tanaman padi, pepohonan, air jernih mengalir di antara pematang sawah, saung-saung tempat berteduh, dan masakan khas Sunda yang penuh lalapan. “Itu semua bisa Anda temukan di sini, Sukabumi!” kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta.
Bagi para mudikers, suasana ini sudah menjadi bagian dari keasyikan. Ya asyik di jalan, asyik melihat pemandangab, juga asyik di tempat tujuan. “Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari ibu kota, hanya dua jam dari Jakarta, satu jam dari Bandung. Yang ingin menikmati alam, silakan ke Sukabumi, terutama saat libur Idul Fitri atau Lebaran,” katanya. Mau tahu destinasi #PesonaLebaranSukabumi #PesonaLebaran #PesonaIndonesia di Sukabumi? Ini dia 10 lokasi yang perlu Anda lihat. (*)

1. Kampung Ciptagelar
Bila ditanya soal tempat yang penduduknya masih bertahan untuk tinggal di rumah bilik kayu dan beratap jerami, mungkin yang terbersit di pikiran Anda adalah Papua. Jangan salah, di Sukabumi juga masih terdapat desa yang warganya masih memilih mempertahankan kearifan lokal dengan tinggal di rumah yang beratapkan jerami.
Namanya Kampung Ciptagelar. Terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Kampung Ciptagelar sudah ada sekitar sekitar 650 tahun dan tetap mempertahankan adat turun temurun. Sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan.
Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat Anda jumpai di tempat lain.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk
Bila ingin membawa pulang ilmu dari jalan-jalan anda di Sukabumi, maka wajib hukumnya untuk mampir ke Situs Tugu Gede, Cengkuk. Tempat yang berada di desa Cengkuk kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi ini adalah salah satu situs purbakala yang ada di Jawa Barat.
Tempat ini mulai dieksplorasi pada tahun 2008. Sejumlah temuan di kawasan inim menguatkan para ahli sejarah bahwa Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik hingga zaman logam.
Benda-benda yang ditemukan di Desa Cengkuk antara lain adalah batu tugu atau menhir, batu pamandian, batu kursi, batu dakon, batu yang menyerupai meja makan, batu ranjang, dll.

3. Goa Buniayu
Goa Buniayu adalah tempat wisata di Sukabumi yang paling menghabiskan tenaga. Goa Buniayu adalah goa yang besar dan dalam, untuk dapat menikmati seluruh tantangannya, anda akan membutuhkan badan yang sehat dan kuat.
Dengan lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tenaga anda akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja, melainkan melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain.
Selama perjalanan dalam goa, anda akan dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat anda jumpai di permukaan bumi, sehingga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ingat, hanya yang berbadan sehat saja yang dapat menaklukan tantangan Goa Buniayu.

4. Kawah Ratu
Kawah yang terletak di lereng Gunung Salak ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang banyak difavoritkan masyarakat sekitar ataupun dari luar daerah.
Namun untuk mencapai kawahnya, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan berjalan kaki.

5. Curug Awang
Curug Awang, mungkin banyak yang belum sering mendengar namanya. Namun air terjun ini memiliki pemandangan luar biasa indah.
Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Bila datang ke sini anda akan sangat beruntung, karena selain Curug ini, ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh, ketiga curug ini berada di wilayah desa Taman Jaya, Sukabumi.

6. Curug Cikaso
Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.
Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.
Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.

7. Danau Batu Bacan
Tenang, tidak usah buru-buru mengambil amplas dan asahan. Karena meski bernama Danau Batu Bacan, namun disini anda tidak akan menemukan batu akik. Disebut begitu arena air yang berada di danau ini berwarna kehijauan layaknya batu bacan.
Danau tersebut terletak di daerah sukabumi tepatnya di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Uniknya danau Bacan tersebut tidak memiliki air resapan yang keluar dari bebetauan yang ada di sekellingnya, Air yang berada di danau tersebut adalah air hujan yang tertampung dari tahun-tahun sebelumnya.

8. Kawah Ratu
Berlokasi di lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Kawah Ratu adalah tempat favorit para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam.
Bagi pendaki pemula, disarankan untuk tidak mendaki pada malam hari. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan mendaki seperti sandal gunung, payung, kompas, jas hujan, senter, bekal makanan, dan lain-lain.

9. Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan dengan alam sehingga dapat mengobati segala kepenatan sehari-hari yang telah menumpuk di kepala anda.
Berlokasi di Kecamatan Ciracap, sekitar 220 KM dari Jakarta, pantai ini memang cukup jauh namun anda tidak akan kecewa ketika menyaksikan secara langsung pantai berpasir putih dengan ombak yang menggulung di Pantai Ujung Genteng. Selain itu anda juga dapat berselancar dan memancing di Pantai ini.

10. Situ Gunung
Situ Gunung adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Berada di kaki Gunung Pangrango, sektiar 16 KM dari Kota Sukabumi, Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar. Seperti layaknya sebuah wisata danau, di sini anda dapat bermain perahu, berpiknik, berkemah, memancing, dan lain-lain.
Selamat Lebaran, Selamat Berwisata, Selamat datang ke Sukabumi, pastikan nikmati #PesonaLebaranSukabumi #PesonaSukabumi #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia. (*) 

loading...
Click to comment
To Top