Melaut Bawa Bom Ikan, Ketangkap deh… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Melaut Bawa Bom Ikan, Ketangkap deh…

FAJAR.CO.ID, TANJUNG REDEB – Ardan (48), warga Kampung Tanjung Batu, yang kedapatan membawa sejumlah bom ikan untuk melaut, akhrinya diamankan pihak  Polsek Pulau Derawan. selasa (21.6).

Kapolres Berau AKBP Handoko melalui Kasubbag Humas AKP Marwoto, mengungkapkan, terjadi sekitar pukul 09.00 Wita, ketika Ardan hendak melaut. Petugas sebelumnya, mendapatkan informasi sekitar pukul 08.30 Wita jika ada nelayan yang akan berangkat melaut dengan membawa bom ikan di RT 6 Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

“Mendapatkan informasi tersebut anggota reskrim gabungan dari Reskrim Porlres dan Polsek Pulau Derawan langsung ke lokasi untuk memastikannya,” tegas Marwoto kepada Berau Post.

Saat berada di lokasi, petugas melakukan pemeriksaan beberapa perahu nelayan, hingga akhirnya menemukan bahan peledak di perahu milik Ardan yang disimpan dalam tas.”Cukup bukti, Ardan digelandang ke Mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut,” sambungnya.

Petugas, disebutkan Marwoto, menemukan 5 botol bom ikan yang siap pakai yang berisi amoniumnitrat, 3 sumbu ledak, 1 pisau, campuran amoniumnitrat dengan serbuk mesiu korek api dalam botol kecil, gunting, obeng dan 3 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.

“Dalam pemeriksaan, Ardan mengakui jika bom ikan tersebut merupakan miliknya, dia akan melakukan pengeboman ikan di perairan Kepulauan Derawan,” terangnya.

Pihaknya menduga, Ardan sudah cukup lama menggunakan bom ikan untuk mendapatkan hasil laut dengan mudah. Sementara ini, petugas masih melakukan penelusuran terhadap asal barang dan pelaku-pelaku lainnya.

Atas perbuatannya, Ardan yang ditetapkan menjadi tersangka harus mendekam di balik jeruji besi ruang tahanan Mapolsek Pulau Derawan. Dia terancam dijerat dengan Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak Pasal 1 ayat 1 atau UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan Pasal 8 Ayat 1 jo Pasal 84 ayat 1. Dengan ancaman pidana penjara di atas 10 tahun.(app2/Prokal)

Click to comment
To Top