PAN Bujuk Risma Lawan Ahok di Pilgub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

PAN Bujuk Risma Lawan Ahok di Pilgub DKI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Upaya partai politik (parpol) untuk menghadang calon petahana, Basuki Tjahja Purnama di Pilkada DKI 2017 terus bergulir. Termasuk dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai yang memiliki dua kursi di DPRD DKI Jakarta itu tengah merayu Walikota  Surabaya Tri Rismaharini untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. “‎Ibu Risma (Tri Rismaharini) kita sedang rayu-rayu,” kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6).

Yandri menuturkan, PAN tertarik dengan sosok Risma sebagai pemimpin. Dinilai sebagai seorang yang tegas, namun Risma tetap menunjukkan rasa kemanusiaan.

Di sisi lain, dengan hadirnya wanita yang kini menjabat sebagai Walikota Surbaya itu, partainya ingin melahirkan kontestasi di DKI Jakarta. “Intinya kami hormati Pak Ahok, tapi tidak elok kalau cuma satu calon di Jakarta,” sebut Yandri.

Soal sikap Risma yang masih ogah untuk melepas‎kan Surabaya dan pindah memimpin Jakarta, legislator asal Banten itu mengatakan bahwa situasi bisa saja berubah.  

“Kan belum tentu, politik bergulir terus. Kalau bisa Bu Risma demi kepentingan rakyat Jakarta, bulatkan tekat untuk berhijrah ke Jakarta.

Sebagaimana diketahui, di Pilakda DKI Jakarta  hanya PDIP yang bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi. Partai berlambang banteng moncong putih itu memiliki 28 kursi. Sedangkan syarat minimal parpol mengusung pasangan calon harus memiliki 22 kursi.

Bagi partai yang tidak memiliki kursi sesuai syarat minimal harus berkoalisi dengan parpol  lainnya. Sedangkan partai lainnya harus berkoalisi. Di DPRD DKI, PAN hanya memiliki 2 kursi.

Untuk partai lain sudah menyatakan mendukung Ahok, seperti Partai Nasdem, Hanura dan Golkar.  Namun dalam pendukungan ini, ketiga parpol tersebut tidak menggunakan modal kursi yang dimiliki, karena Ahok maju sebagai calon independen.  (dna/JPG)‎

loading...
Click to comment
To Top