Terungkap! Ini Sumber Pembiayaan Operasional untuk Teman Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Terungkap! Ini Sumber Pembiayaan Operasional untuk Teman Ahok

Teman Ahok_

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah gonjang-ganjing soal adanya aliran dana ke tim pendukung Gubernur Ahok, “Teman Ahok”, ahirnya sang gubernur yang bakal maju pada Pilgub DKI Jakarta 2017 ini angkat bicara.

Ia akhirnya mengungkapkan bagaimana pembiayaan “Teman Ahok” diperoleh. Sebelumnya, ketika ditanya soal itu, Ahok beberapa kali meminta wartawan bertanya kepada “Teman Ahok”.

Ahok sendiri yakin bahwa para relawannya tidak menerima aliran dana sebesar Rp 30 miliar dari pengembang reklamasi Teluk Jakarta seperti yang diwacanakan sejumlah pihak belakangan ini.

“Beberapa teman saya bantu kasih kaus gratis dan cetakin koran (koran internal Teman Ahok),” kata Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/6/2016) malam.

Ahok kemudian menerangkan, bahwa ada tetangganya di Kompleks Pantai Mutiara Jakarta Utara yang membantu Teman Ahok menyediakan printer serta komputer. Dengan begitu, “Teman Ahok” tak perlu mengeluarkan dana untuk percetakan.

“Waktu Teman Ahok Fair, saya ketemu satu anak muda nyumbang 10 ribu kaus. Jadi 10 ribu kaus, kalau dia jual Rp 100.000 udah dapat Rp 1 miliar,” jelas Ahok.

Bukan hanya itu, teman-temannya kata Ahok memfasilitasi beberapa booth “Teman Ahok”. Ia mengiayakan bahwa beberapa penjaga booth kerap diberi gaji.

“Tapi beberapa (penjaga booth) juga volunteer. Jadi kalau ada pegawai jaga, dibayar itu benar. Itu yang bayarin mereka (temannya Ahok), bukan Teman Ahok.”

Seperti diberitakan sebelumnya, isu aliran dana sebesar Rp 30 Miliar yang mengalir ke “Teman Ahok” disampaikan anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Junimart Girsang.

Pernyataan tersebut disampaikan Junimart dalam rapat kerja Komisi III dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

“Kami dapat info ada dana pengembang reklamasi sebesar Rp 30 miliar untuk Teman Ahok. Dana tersebut disalurkan lewat Sunny dan Cyrus,” kata Junimart.

Junimart mengaku memiliki dokumen terkait informasi tersebut. Namun, ia enggan menyebutkan dari mana informasi tersebut didapatkannya. (iza/ril/PS)

loading...
Click to comment
To Top