Datalyst: Banyak Dukungan Buat Ahok Di Medsos, Tetapi.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Datalyst: Banyak Dukungan Buat Ahok Di Medsos, Tetapi..

index

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Saat ini Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok), menjadi pembicaraan hangat di media sosial (Medsos), terkait dengan kebijakannya dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur. Tak sedikit komentar yang disampaikan oleh penikmat Medsos baik kritikan hingga hal-hal positif yang dilakukan oleh Ahok.

Pembicaraan Ahok di Medsos menjadi tren tersendiri, ada yang menghujat, dan bahkan ada yang menyanjung. Bahkan pembicaraan mengenai eks Bupati Kader Partai Gerindra ini melebihi kandidat calon Gubernur lainnya.

Namun, apabila ditelaah kembali terlihat kecenderungan komentar positif mengenai Ahok di sosial media terstruktur dan terkendali.

“Kalau misalnya buzzernya (yang mengatur berita positif Ahok) lebih jago, kan itu bukan berarti dia (Ahok) positif,” ujar peneliti Datalyst, Amanah Ramadiah usai memaparkan hasil surveinya mengenai Rakyat Bicara Isu Sosial Politik Jakarta” di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Terlebih menurut Amanah, saat ini banyak pengguna sosial media merupakan kalangan elit politik yang tentu saja memiliki kepentingan.

“Isu soal pilkada atau pilpres saat ini banyak di-drive oleh elit-elit yang memiliki akses sosial media yang besar. Tapi kita edukasi ke masyarakat jangan sampai tren itu cuma jadi ikut-ikutan,” terangnya.

Oleh sebab itu, dia melihat justru hal ini akan menjadi bumerang tersendiri bagi Ahok sebagai calon petahana.

“Di sosial media trennya nanti bisa ngebalik. Bisa jadi nanti di media soaial tren Ahok jadi negatif,” tutupnya.

Berdasarkan temuan Datalyst, total perbandingan pembicaraan positif versus negatif mengenai Ahok adalah 57 persen banding 43 persen. Data yang digunakan Datalyst diambil dari twitter dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, tepatnya dari 22 Februari hingga 30 Mei 2016.

Selama tiga bulan, terdapat lebih dari 3,5 juta  percakapan seputar Pilkada DKI di media sosial dengan jumlah percakapan setiap hari sekitar 50.000. [zul]

loading...
Click to comment
To Top