Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

FAJAR.CO.ID – SECARA normal, siklus menstruasi atau datang bulan terjadi setiap satu bulan sekali. Setiap wanita memiliki periode yang berbeda. Adapula wanita yang mengalami telat datang bulan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab wanita telat datang bulan. Salah satunya adalah PCOS (Polycystic ovary syndrome), yakni penyakit pada wanita yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon.

“Kurang dari 50 persen dari wanita dengan PCOS tahu mereka mengalaminya. Namun, itu sebenarnya masalah ovulasi cukup umum. Antara 5-10 persen dari wanita menstruasi muda memilikinya,” kata seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine, Mary Jane Minkin, MD, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (23/6).

Berikut empat hal yang perlu Anda ketahui tentang gangguan PCOS.

1. Ada sekelompok gejala.

Jerawat, rambut yang berlebihan (alias hirsutisme), infertilitas dan berat badan, semua terkait dengan PCOS. Selain itu, masalah metabolik seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan bahkan diabetes semuanya terkait dengan PCOS.

Tak ada salahnya jika memeriksanya ke dokter kandungan Anda.

2. Kista bukanlah segalanya.

Tidak semua wanita dengan PCOS memiliki kista pada indung telur mereka. Kista sering digambarkan sebagai kalung mutiara dan jika mereka meledak, itu menjadi sangat menyakitkan. Kista bisa diidentifikasikan melalui USG.

3. Bisa diturunkan.

PCOS mungkin genetik. Beberapa penelitian menunjukkan jika seorang ibu memiliki PCOS, maka ada kemungkinan 50 persen Anda bisa terkena PCOS juga. Tapi kondisi ini juga terkait dengan kelebihan berat badan.

4. Pilihan pengobatan bervariasi.

Secara umum, pengobatan PCOS cukup mudah. Jika Anda tidak mencoba untuk hamil, obat paling mudah biasanya pil KB. Kontrasepsi oral mengambil kendali dari ovarium, memaksa untuk berhenti membuat testosteron berlebihan dan mengendalikan siklus Anda. (fny/chi/jpnn)

Click to comment
To Top