Kalau Mau Solid, Tito Harus Didampingi Senior – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kalau Mau Solid, Tito Harus Didampingi Senior

Tito Karnavian_

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gengsi antar senior tampak masih terlihat di tubuh Polri. Saat fit dan proper test Komjen Tito Karnavian di Komisi III DPR Kamis(23/6) terlihat hanya segelintir perwira tinggi (pati) berpangkat Komjen.

Pati bintang tiga yang tampak hanya Kabaharkam Komjen Putut Bayu Seno dan Kalemdikpol Komjen Syafruddin saja yang terlihat mendampingi Komjen Tito saat menjalani tahapan fit dan proper test di Komisi III.

Lainnya sejumlah pati berpangkat Irjen dan Brigjen saja. Sementara pamen membanjiri dukungan ke Tito. Kebanyakan yang datang justru perwira menengah berpangkat Komisaris Besar.

Menyikapi hal itu, Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia Edi Hasibuan mengatakan, Tito semestinya didampingi para senior guna menjaga stabilitas dan kesoliditasnya. Sebab, peristiwa kemarin bisa menggambarkan soliditas Polri bisa saja terbelah bila Tito menjadi Kapolri.

“Yang bagus menurut saya tetap penting ada gabung junior dan senior. Kapolri (Tito) akan didamping Wakapolri BG (Komjen Budi Gunawan). Ini adalah suatu kekuatan di Polri agar terjaga soliditasnya,” beber Edi, Jumat (24/6).

Dia menekankan, kehadiran senior di sekitar Tito dipastikan memberikan semangat tersendiri. “Harus ada senior. Namun, jika presiden menginginkan BG menjadi menteri kan ada Irwasum (Komjen Dwi Prayitno) dan Komjen Syafruddin Kalemdikpol sebagai Wakanya,” sambung dia.

Menurut dia, tiga nama itu sangat layak menjadi pendamping Tito. Apalagi bila dilihat dari level angkatan yang berbeda jauh. Rekan satu angkatan Tito kebanyakan masih menduduki posisi Kombes sehingga susah untuk mencari rekan satu angkatan untuk menjadi pendamping Tito saat memimpin Polri.

Saat fit dan proper test kemarin, kebanyakan pati dari Irjen dan Brigjen saja yang ada di barisan belakang Tito. Mereka ialah Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, Kadiv Propam Irjen M Iriawan, Staf Ahli Kapolri Irjen Arief, Gubernur Akpol PTIK/STIK Irjen Rycko A Daniel, Sahli Kapolri Irjen Benny Mokalu.

Lalu dihadiri dua Kapolda dari Timur yakni Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Rudi Sufahriadi dan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Anton Charliyan. Sementara perwakilan Kapolda dari Pulau Jawa hanya dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto.

Ini membuat sejumlah orang beranggapan Tito hanya mendapat dukungan dari sejumlah pati, tidak menyeluruh. Sebab nama-nama seperti Kabaintelkam Komjen Noer Ali, lalu Kabareskrim Irjen Ari Dono, Irwasum Komjen Dwi Prayitno tak menghadiri kegiatan itu.

Yang banyak terlihat ialah para pamen yang dulu pernah bekerja bersama Tito di Polda Metro Jaya. Di antaranya Kombes Mohammad Iqbal, Kombes Krishna Murti, Kombes Eko Daniyanto, Kombes Wahyu Hadiningrat, dan AKBP Herry Heriawan. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top