Menkes Himbau Daerah Lakukan Pengawasan Ketat Vaksin Balita – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menkes Himbau Daerah Lakukan Pengawasan Ketat Vaksin Balita

VAKSIN PALSU. Menteri Kesehatan Prof Nila Farid Moeloek (tengah) dalam jumpa pers terkait ditemukannya vaksin palsu yang beredar disejumlah rumah sakit di Indonesia, Jumat 24 Juni 2016. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terbongkarnya kasus vaksin bayi palsu membuat pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan langsung mengeluarkan edaran kepada seluruh kepala daerah, dan dinas kesehatan seluruh Indonesia untuk melakukan kontrol ketat pada setiap produsen obat (farmasi) yang masuk didaerah, utamanya vaksin.

“Kami himbau seluruh fasilitas kesehatan didaerah melakukan kontrol ketat terhadap produsen farmasi. Laporkan kepada BPOM setempat jika menemukan ada penyimpangan,” kata Menteri Kesehatan Prof Nila Farid Moeloek dalam jumpa pers di Kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat 24 Juni 2016.

Kementrian Kesehatan pun mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan pihak kepolisian untuk membongkar keterlibatan pemalsuan vaksin tersebut. Dan bagi fasilitas layanan kesehatan yang terbukti terlibat menggunakan vaksin palsu, dari pemerintah akan memberikan sanksi.

Meskipun dihadang dengan rasa takut untuk melakukan imunisasi. Akan tetapi, Menkes tetap menghimbau kepada ibu-ibu untuk membawa anaknya melakukan imunisasi, tentunya dengan vaksin yang asli. Hal ini merupakan program pemerintah untuk menciptakan generasi bangsa yang bebas penyakit tertentu. Seperti campak, hepatitis, Polio dan sebagainya.

Terkait isi kandungan dari vaksin palsu tersebut, dikatakan Direktur Pengawasan Produksi Produk Terapetik, Togi Junice Hutadjulu dalam kesempatan tersebut, menyatan jika BPOM masih melakukan identifikasi kandungan vaksin palsu tersebut dari Bareskrim.

Jika isinya kebanyakan hanya antibiotik, maka kemungkinan dampaknya terhadap balita tidak akan terlalu signifikan. Yang justru dikhawatirkan adalah dari proses sterilisasi pengemasan, yang bisa berdampak buruk pada kulit anak-anak. (idr/fmc)

To Top