Menangkan Led Zeppelin, Pengadilan: Stairway to Heaven Bukan Jiplakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Menangkan Led Zeppelin, Pengadilan: Stairway to Heaven Bukan Jiplakan

Robert Plant and Jimmy Page onstage in 1975 in the US.

FAJAR.CO.ID – Jimmy Page dan Robert Plant dari Led Zeppelin tidak menjiplak lagu klasik rock mereka yang berjudul “Stairway to Heaven”. Demikian keputusan juri dalam sidang yang memperkarakan band legendaris asal Inggris tersebut.

Keputusan tersebut keluar Kamis (23/6) pagi waktu setempat usai pertimbangan yang memakan waktu seharian dan berakhir dengan kemenangan Led Zeppelin.

Sebelumnya, Randy Wolfe dari band Spirit, memperkarakan Led Zeppelin atas tuduhan plagiarisme atau penjiplakan lagu milik bandnya yang berjudul Taurus dalam gitar riff pembukaan lagu Stairway to Heaven yang melegenda itu.

Namun para juri yang terlibat dalam pengadilan di Los Angeles itu gagal menemukan kemiripan yang sebut Randy Wolfe dalam kasus ini.

Dalam pengadilan tersebut, bassis Spirit Mark Andes sempat mengungkapkan fakta bahwa kedua band tersebut pernah berada dalam satu event yang sama, tepatnya di Denver pada tahun 1968, dimana Led Zeppelin bermain sebagai pembuka ajang tersebut sekaligus debut band yang telah menelurkan 9 studio album tersebut.

Sementara pihak Zeppelin sendiri sebelumnya menyatakan bahwa tidak lama usai membuka festival musik tersebut, band asal Inggris itu kemudian berpindah menuju panggung lain untuk show berikutnya, menjelaskan bahwa saat Spirit tampil membawakan lagu Taurus, band yang menyatakan bubar pada tahun 1980 itu sudah tidak lagi berada Auditorium Arena dimana event musik itu berlangsung.

loading...
Click to comment
To Top