Berkat Konsistensi Pameran Kemenpar, LOT Polish Airlines Sambangi Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Berkat Konsistensi Pameran Kemenpar, LOT Polish Airlines Sambangi Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gerak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk terus mempromosikan tanah air Indonesia mulai mendapatkan hasil manis. Itu setelah, operator tour travel ternama Panorama Tours bekerjasama dengan Rainbow Tours dari Polandia untuk pertama kalinya akan melakoni debut penerbangan LOT Polish Airlines yang  digelar pada, Jumat (24/6), pagi dari Polandia ke Denpasar, Bali.

” Kami bersyukur dan berterima kasih karena kesepakatan ini kami buat hasil dari pameran yang diikuti Kemenpar dengan konsisten. Tepatnya adalah kerja sama ini diusung melalui pertemuan antara dua tour operator di Paviliun Indonesia pada saat pameran Pariwisata Internasional Internationale Tourismus-Börse atau ITB di Berlin, Jerman tahun 2013. Dan ini langkah nyatanya, mereka dipastikan datang ke Bali, ini sebuah langkah hebat,”ujar Direktur Panorama Tour,Ricky Setiawanto dalam keterangan resminya.

Hal tersebut dibenarkan dan disambut positif oleh DeputiBidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana. Pria yang ramah kepada wartawan itu mengaku bahagia karena selama ini belum ada maskapai penerbangan yang menghadirkan rute penerbangan langsung Warsawa menuju Denpasar.

Seperti diketahui, imbuh Pitana, umumnya perjalanan yang harus dilalui oleh para wisatawan memakan waktu hingga 20 jam. Namun, hal ini tidak lagi harus dialami oleh para wisatawan karena maskapai penerbangan asal Polandia yang dikenal dengan nama LOT Polish Airlines menghadirkan menghadirkan layanan charter flight yang dapat membawa penumpang ‘terbang’ langsung ke Denpasar, Indonesia. ” Akhirnya ini terealisasi, ini semua merupakan hasil konsistensi keterlibatan Kemenpar beserta industri pariwisata Indonesia dalam acara-acara pameran pariwisata dunia seperti ITB Berlin dan WTM Market. Pelaku industri kita mampu memanfaatkannya yang akhirnya menjadi bisnis,” ungkap Pitana sumringah.

Pitana mengaku sangat bangga hingga sampai terjadi terjadi reguler charter flight, itu artinya kepastian Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang akan menyambangi Indonesia bertambah terutama yang berasal dari Polandia. ” Pasar Wisman Polandia itu adalah masuk ke kategori pasar lainnya. Kendati jumlahnya belum seperti eropa namun tetap menjadi fokus Kemenpar.  Data yang terbaru yang ada di Kemenpar pada tahun 2014 sejumlah 16.832 Wisman Polandia yang masuk ke tanah air, dengan adanya penerbangan ini, Wisman akan bertambah lagi masuk ke Indonesia,”beber Pitana detail.

Kata Pitana, suasana seperti ini memang harus ditangkap dan dihandle dengan baik oleh industri pariwisata nasional. Apa yang dilakukan Panorama itu cukup memberi angin segar bagi pariwisata nasional. “Destinasinya juga sudah mulai variatif? Dan itu semakin memperkuat spirit Kemenpar untuk terus mengembangkan Bali-Bali baru, ini menjadi semangat kami. Kami juga sedang menggenjot ke-10 destinasi selain Bali membangun 3A, atraksi, akses dan amenitas, sebagai prasyarat untuk memajukan pariwisata,” kata Pitana.

Ucapan Pitana bukan tong kosong. Buktinya, untuk penerbangan perdana saja, data dari maskapai penerbangan perdana charter flight Warsawa-Denpasar  yang mendarat di Ngurah Rai International Airport hari ini pada pukul 18.00, Jumat (24/6), itu akan datang sebanyak 252 penumpang. Charter flight ini akan menggunakan Boeing 787 atau yang dikenal dengan Dreamliner. Pesawat ini mampu menampung 252 penumpang dengan 18 kursi di business class, 21 kursi pada kelas ekonomi premium, dan 213 kursi pada kelas ekonomi.

Dari paparan Panorama Destination (PDES) – anak usaha PT Panorama Sentrawisata Tbk, akan ada 5.000 wisman Polandia yang akan berwisata ke Indonesia hingga 2017 nanti. Ribuan wisman Polandia itu dijadwalkan datang dengan sejumlah penerbangan carter Boeing 787. Rute pesawat yang fleksibel dan bisa ditentukan pemesan, membuat tren wisata wisata model ini laku keras di Warsawa.

“Ini jadi tren baru di bisnis Pariwisata. Gelombang pertama akan tiba pada 24 Juni 2016. Nantinya jadwal kedatangan diatur setiap dua minggu sekali. Rata-rata ada 250 turis per kedatangan. Dan kedatangan wisman Polandia ini akan terus berlanjut hingga hingga Maret 2017, terima kasih Kemenpar dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung lancarnya penerbangan ini,” tandas Ricky Setiawanto, Direktur Panorama.

Rencanaya akan hadir dalam pendaratan pertama charter flight ini, H.E. Tadeusz Andrzej Szumowski selaku Duta Besar Republik Polandia untuk Republik Indonesia, Mr. Ida Bagus Lolec selaku perwakilan dari The Honorary Consulate of Poland in Bali, Sulistyo Wimbo S. Hardjito yakni Direktur Utama Angkasa Pura I, Made Mangku Pastika selaku Gubernur Bali, dan I Gde Pitana selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Sekadar informasi, Panorama Tour termasuk pelaku industri Pariwisata yang aktif mengikuti pameran Kemenpar. Pada awalnya, pada tahun 2014 Rainbow Tours bekerja sama dengan Panorama Tours dalam penawaran paket liburan bagi wisatawan dari Polandia melalui paket tur Jawa, Bali dan Sumatera.  Kemudian setelah menghasilkan 40 group package tour dengan pilihan Java-Bali Overland, Sumatera (Padang-Medan-Kuala Lumpur) dan Grand Indonesia (Sumatera Overland, Java Overland, Sulawesi-Komodo-Bali) di tahun 2015, Rainbow Tours dan Panorama Tours duduk kembali untuk merancang kerja sama berikutnya pada acara World Travel Market (WTM) di London, Inggris pada bulan November.

LOT Polish Airlines adalah maskapai penerbangan nasional Polandia berbasis di Warsawa, ibu kota Polandia yang telah beroperasi sejak tahun 1929. LOT Polish Airlines adalah anggota dari Star Alliance yang merupakan aliansi maskapai penerbangan terbesar di dunia sejak tahun 2003. Setiap harinya, LOT Polish Airlines mampu mencapai 210 penerbangan ke berbagai destinasi di dunia. Layanan charter flight oleh LOT Polish Airlines hadir melalui kerja sama yang dijalin oleh tour operator, Rainbow Tours, dari Polandia dan Panorama Tours dari Indonesia. (*)

loading...
Click to comment
To Top