Jakmania Rusuh, ISC Terancam Dihentikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Jakmania Rusuh, ISC Terancam Dihentikan

Jakmania Rusuh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengambil sikap tegas dengan aksi The Jakmania -suporter Persija Jakarta- yang berbuat kerusuhan pada laga melawan Sriwijaya FC, Jumat (24/6).

Mereka tengah mempertimbangkan mencabut izin penyelenggaraan Indonesia Soccer Championship (ISC). Hal ini membuat ISC kembali terancam bakal dihentikan di tengah jalan.

Pada laga tersebut, para Jakmania memang bertindak di luar kendali. Mereka menyerang kepolisian dan akhirnya membuat laga Persija Jakarta vs Sriwijaya FC dihentikan.

Menurut Kemenpora, bentrok ini hanya salah satu yang terjadi. Sebelumnya, kejadian serupa juga menjadi sorotan seperti di Gresik dan Sleman.

“Itu sebabnya Dirut PT GTS (Joko Driyono) kemudian dipanggil Menpora tanggal 30 Mei 2016  yang meminta agar PT GTS bisa membenahi ketertiban turnamen mengingat perjalanannya masih panjang hingga Desember 2016 dan meminta PT GTS untuk melakukan penanda-tanganan MoU dengan pihak Kepolisian RI,” tulis rilis Kemenpora.

“Atas dasar bahwa PT GTS belum juga mematuhi perintah Menpora untuk merealisasikan MoU dengan Kepolisian RI dan juga masih belum mampu mengatasi berbagai insiden dan bentrokan yang terjadi, maka Kemenpora mempertimbangkan untuk menghentikan sementara turnamen/kompetisi ISC sambil menunggu pembahasan dengan pihak PT GTS, Kepolisian RI dan PSSI pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016,” demikian lanjutan rilis tersebut.

Sebenarnya, berbagai insiden yang melibatkan suporter ini bisa dibilang merupakan kemunduran. Pada saat pemimpin sepak bola mulai mencair, suporter malah merusaknya. (ies//JPG)

loading...
Click to comment
To Top