MANTAP! Indonesia Ikut Dua Kejuaraan Sepakbola di Eropa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

MANTAP! Indonesia Ikut Dua Kejuaraan Sepakbola di Eropa

134729_727049_aSSI_Aam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia kembali mengirimkan tim ke ajang Homeless World Cup (HWC) di Glasgow, Skotlandia, 10-16 Juli. Selain itu, Indonesia melalui inisiasi Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) dan organisasi Rumah Cemara, juga mengirimkan tim ke Street Soccer festival di Lyon, Prancis mulai 28 Juni nanti.

HWC adalah kompetisi street soccer internasional yang melibatkan orang-orang termarjinalkan. Homeless World Cup di inisiasi pada tahun 2001 yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan sosial melalui sepakbola. 

Tahun 2016 merupakan gelaran yang ke-16, sedangkan Street Football World Festival merupakan turnamen sepakbola jalanan yang menampilkan sebuah konsep cara bermain bola yang menggabungkan pelajaran hidup dalam setiap pertandingannya, dan juga mempromosikan kempemimpinan muda diseluruh dunia. 

“Jiwa anak muda yang termarjinalkan dan jiwa muda pengurus ASSI dan Mitra Rumah Cemara merupakan sebuah isyarat yang jelas untuk dibentuknya sinergi yang sangat kuat dan erat dalam membantu pemerintah kita guna membangun suatu generasi muda yang produktif, berfikir positif dan tangguh,” ujar Mandira. 

Ketua Umum ASSI ini melanjutkan bahwa turnamen ini lebih mengangkat tema sepakbola untuk perubahan sosial. Festival ini akan menghadirkan anak laki-laki dan perempuan dari kelompok yang kurang beruntung dari seluruh negara.

“Mereka yang dipilih bukan berdasarkan kemampuan sepakabolanya, melainkan komitmen dalam menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan menggunakan sepakbola sebagai salah satu alatnya,” ujar Mandira. 

Menpora Imam Nahrawi menyambut antusias sekali atas keikutsertaan Indonesia dalam gelaran dunia ini. “Saya memberikan apresisasi yang tinggi terhadap saudara-saudara yang akan ikut bertanding mewakili Indonesia di Prancis dan Glasgow,” ujar Menpora.

Menpora mengaku bangga karena ketika saudara-saudara terbatas ini dikucilkan, ditinggalkan, dan tidak dihargai lingkungan, saudara dapat menunjukkan prestasi dan membawa nama baik Indonesia di ajang internasional. 

“Saat ini kami memang belum bisa memberikan bantuan yang cukup kepada tim, baru bisa tiket pesawat saja, tetapi pemerintah sangat mendukung sekali terhadap keikutsertaan dalam kegiatan ini,” ujar Menpora.

Menpora juga mengapresiasi atas prestasi tim ini karena pernah memperoleh juara pertama pada Amsterdam CUP-HWC 2015. “Ini prestasi luar biasa, yang paling penting adalah spirit dari saudara-saudara kita ini yang akan menunjukkan kepada dunia bahwa anda adalah istimewa,” ujar Menpora. ‎(dkk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top