Mantap.! Tak Dapat THR, Buruh Lapor Ke Sini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Mantap.! Tak Dapat THR, Buruh Lapor Ke Sini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Forum Buruh Kawasan (FBK) Pulogadung, Jakarta Timur membuka posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) kepada buruh yang tidak diberikan THR oleh perusahan untuk melapor ke FBK di kawasan Jalan Buaran 2, Kawasan Industri Pulogadung.

Koordinator FBK, Ary Ervan menjelaskan, posko yang didirikan ini bertujuan untuk menerima pengaduan buruh/pekerja yang tidak mendapatkan THR.

“Sesuai peraturaan Ketenagakerjaan, seperti tertuang dalam Permenaker 6/2016 Tentang THR bagi buruh/pekerja di perusahaan. Peraturan ini mengatur THR Wajib diberikan kepada buruh yang masa kerjanya minimal 1 bulan, serta jangka waktu pembayaran THR kepada buruh/pekerja paling Lambat 7 Hari sebelum Hari Raya Keagamaan (H-7),” jelas dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Jumat malam (24/6).

Ary menerangkan, selama ini banyak buruh yang tidak mendapatkan haknya. Seringkali mereka juga hanya mendapatkan setengah dari THR yang seharusnya diterima penuh. Modus lain, buruh di PHK menjelang hari raya untuk menghindari pembayaran THR.

“Dalam menindaklanjuti pengaduan yang masuk FBK Pulogadung akan melayangkan surat somasi kepada pengusaha nakal yang tidak membayar THR sesuai peraturan,” sambungnya.

Ary melanjutkan, sanksi yang bisa dijatuhkan kepada pengusaha yang melanggar ketentuan pembayaran THR, yakni denda dan sanksi Administratif, dimana pengusaha yang terlambat membayar THR bisa kena denda 5 persen dari total jumlah THR yang wajib dibayar pengusaha kepada buruh/pekerja,” jelasnya.

“Pengusaha yang tidak membayar THR kepada buruh dapat dikenakan sanksi Administratif mulai teguran tertulis sampai pembekuan perusahaan. Setelah sanksi denda dan administratif dijatuhkan tapi pengusaha tidak membayar THR, mereka dapat dijerat dengan sanksi pidana. THR sama seperti upah dalam UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan pengusaha yang tidak membayar upah terancam pidana.” [sam]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top