Meski Menang Medsos, Belum Tentu Ahok Menang.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Meski Menang Medsos, Belum Tentu Ahok Menang..

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Saat ini Basuki Tjahja Purnama (Ahok), menjadi trending topic di media sosial (Medsos), baik berupa dukungan maupun penolakan terhadap dirinya. Dukungan yang didapat oleh Ahok di Medsos belum tentu Ahok memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti.

Menurut Senior Researcher Pusat Data Bersatu, Agus Herta Sumarto,  Ahok yang menduduki peringkat tertinggi dalam media sosial belum dapat dipastikan menang dalam Pilkada 2017.

Pilgub DKI sebelumnya yang mengusung Fauzi Bowo (Foke) sebagai calon petahanan memiliki rating tertinggi dalam survei awal. Namun nyatanya Foke dapat dikalahkan oleh Joko Widodo yang berpasangan dengan Ahok kala itu karena pengaruh media sosial. Padahal, saat awal masa kampanye, rating Jokowi dan Ahok terbilang jauh dari Foke.

“Rating tertinggi yang dimiliki Ahok di dunia media sosial saat ini tidak menjadi penentu Ahok untuk kemenangannya,” ujar Agus saat Diskusi Isu Sosial Politik Jakarta di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Lebih lanjut, Agus mengatakan manyan Bupati Bangka Belitung tersebut telah menjadi tokoh sentral yang diikuti oleh masyarakat. Meski begitu, trending topik yang dimiliki Ahok tak hanya citra positif namun melingkup negatif.

“Ahok berhasil jadi tokoh sentral masyarakat,”tambahnya.

Dalam dunia media sosial, pembahasan tertinggi perihal Ahok pun melingkupi tujuh topik. Ketujuh topik tersebut adalah maju pilkada melalui jalur independen, partai politik di seputaran Ahok, reklamasi, banjir, RS Sumber Waras, penggusuran dan Kalijodo. [ysa]

To Top