Mudik ke Sukabumi? Ini dia 10 Destinasi Favourit yang Wajib Dikunjungi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Mudik ke Sukabumi? Ini dia 10 Destinasi Favourit yang Wajib Dikunjungi

cipta-gelar17-copy-res

FAJAR.CO.ID, SUKABUMI – Ada banyak pihak yang meranking sebuah destinasi favourite di satu daerah. Semua punya alat ukur, semua menggunakan metode. Intinya di 3A, atraksi, akses dan amenitas. “Atraksi, banyak destinasi kita di daerah yang keren, tinggal pengelolaan yang harus makin maju. Saya sarankan menggunakan global standart, biar naik kelas,” kata Arief Yahya, Menpar RI di Jakarta.

Akses dalam destinasi wisata nusantara lebih ke public infrastructure yang mendukung kemudahan orang untuk bergerak ke destinasi itu. Ada jalan, jembatan, sarana transportasi publik, jarak dan waktu tempuh. Sedangkan Amenitas adalah prasarana private, seperti hotel, resort, café, restoran, convention, dan lainnya.

“Rumusnya 3A itu, jika daerah ingin pariwisatanya maju. Silakan perkuat di sana, alokasikan resourches untuk memperkokoh tiga pilar itu,” kata Menpar Arief Yahya.

Termasuk kalau Anda mudik ke Sukabumi? Atau ingin berlibur di Sukabumi, Jawa Barat. Anda ingin tahu dulu, destinasi apa yang keren? Googling saja #PesonaLebaranSukabumi #PesonaSukabumi #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia, ini 10 destitasi yang menjadi favourite di sana.

1.Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar sudah ada sekitar sekitar 650 tahun dan tetap mempertahankan adat turun temurun. Sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Lokasi: Desa Ciptagelar, kecamatan cisolok,sukabuni.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk

Sejumlah temuan di kawasan ini menguatkan para ahli sejarah bahwa Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik hingga zaman logam.
Lokasi: desa Cengkuk kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi

3. Goa Buniayu

Selama perjalanan dalam goa, anda akan dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat anda jumpai di permukaan bumi, sehingga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.
Lokasi: Cipinang, Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

4. Kawah Ratu

Taman Rekreasi Selabintana yang berlokasi di kaki Gunung Pangrango adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan suasana hijau pegunungan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Lokasi: Sundajaya Girang, Sukabumi, West Java, Indonesia

5. Curug Awang

Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Bila datang ke sini anda akan sangat beruntung, karena selain Curug ini, ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh.
Lokasi: desa Taman Jaya, Sukabumi.

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.
Lokasi:  kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, jawa barat

7. Danau Batu Bacan

Karena meski bernama Danau Batu Bacan, namun disini anda tidak akan menemukan batu akik. Disebut begitu arena air yang berada di danau ini berwarna kehijauan layaknya batu bacan.
Lokasi: Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat.

8. Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah tempat favorit para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam.
Lokasi:  Jalan Pasir Reungit, Kawasan Gunung Salak Endah, Jawa Barat.

9. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan dengan alam sehingga dapat mengobati segala kepenatan sehari-hari yang telah menumpuk di kepala anda.
Lokasi:  Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

10. Situ Gunung

Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar.
Lokasi: Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. (*)

loading...
Click to comment
To Top