Mudik Lebaran, KAI Tak Siapkan Gerbong Tambahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Mudik Lebaran, KAI Tak Siapkan Gerbong Tambahan

kereta api

FAJAR.CO.ID, PALEMBANG – Selama musim mudik lebaran 2016, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) III Palembang tidak menyiapkan gerbong tambahan. 

Executive Vice President (EVP) PT KAI Divre III Palembang, Rochsjid Budiantoro, mengatakan  selama masa angkutan lebaran yang dimulai 24 Juni-17 Juli, pihaknya menyiapkan  70.128 tempat duduk.  Dalam sehari ada 2.992  tempat duduk.    

“Untuk semua kelas baik ekonomi, bisnis maupun eksekutif, “terangnya, usai apel gelar pasukan di halaman Stasiun KA Kertapati, kemarin (24/6). Jadi katanya,  bagi yang tidak kebagian tiket KA bisa memilih alternatif transportasi lain. 

Saat ini tempat duduk yang terjual dari H-12 hingga H+12, berkisar 75 -80 persen. KA Ekonomi menjadi favorit masyarakat karena terjangkau. Lonjakan penumpang diprediksi H-7 di setiap jurusan. 

Untuk KA Ekonomi Rajabasa dan Selero telah habis untuk keberangkatan pada 1-10 juli. Sementara  kelas eksekutif dan bisnis dari H-1 dampai H+3 sudah habis. 

“Tidak ada kenaikan harga tiket, karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis PT KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas dengan KA ekonomi tetap mengacu skema PSO dan pemerintah,” tegasnya.

Kelas eksekutif untuk relasi Kertapati-Tanjungkarang tarif batas bawah dan batas atas Rp180 ribu-Rp120 ribu, sedangkan untuk kelas bisnis tarif batas bawah dan batas atas Rp140 ribu- Rp 165 ribu. 

Sementara kelas eksekutif untuk relasi Kertapati-Lubuklinggau tarif batas bawah dan batas atas Rp160 ribu-Rp190 ribu, sedangkan kelas bisnis tarif batas bawah dan tarif batas atas Rp120 ribu-Rp150 ribu dan  kelas ekonomi Per 1 Juli turun dari Rp33 ribu menjadi Rp32 ribu.

Selama masa angkutan lebaran, lanjut Rochsjid, pihaknya menerjunkan sebanyak 315 personel keamanan gabungan dari POM TNI, Polres, Polsek setempat dan Polsuka, Brimob, serta security stasiun  untuk menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran 2016.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti  mengimbau, bagi penumpang yang sudah membeli tiket secara online segera melakukan pencetakan di mesin CTM untuk menghindari antrean panjang. 

Selain itu juga untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan KA pihaknya menyiapkan. Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di sejumlah titik rawan longsor menjelang arus mudik dan bali. ” Kami juga menyiapkan petugas tambahan pemeriksa rel dan regu terbang siaga,”imbuhnya.

Untuk bawaan setiap penumpang dibatasi 20 kg, apabila terjadi kelebihan bagasi masing-masing penumpang dikenakan biaya angkutan tamabahan Rp 10 ribu bagi kelas eksekutif,Rp 6 ribu kelas bisnis dan Rp 2 ribu kelas ekonomi. (uni/air/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top