Film Kartini, Dian Sastro Pakai Kebaya, Mirip Siapa ya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Film Kartini, Dian Sastro Pakai Kebaya, Mirip Siapa ya…

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah menyelesaikan film Rudy Habibie yang bakal dirilis Rabu (30/6), sutradara Hanung Bramantyo sudah langsung sibuk dengan film lain. 

Suami aktris Zaskia Adya Mecca itu kini memulai praproduksi film Kartini. Sejumlah bintang papan atas Indonesia dipasang sebagai pemain. 

Di antaranya, Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, dan Denny Sumargo. 

Saat dijumpai di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat malam (24/6), Hanung mengungkapkan, dirinya tidak sembarangan memilih mereka. Penulis sastra terkenal Djenar Maesa Ayu juga ikut berpartisipasi dalam film tersebut. 

’’Mendiang keluarga RA Kartini memang berpesan, artis yang memerankan film ini harus mereka yang memiliki citra baik,’’ ujarnya.

Dia membocorkan, cerita yang akan diangkat adalah saat Kartini berusia 19 tahun dan sedang dalam masa pingitan sampai menikah. 

’’Kartini itu sama seperti remaja pada umumnya. Dia pandai bahasa Belanda dan suka menulis. Kalau anak zaman sekarang kan pinter bahasa Inggris dan nulis blog,’’ kata Hanung.

Dian Sastro yang berperan sebagai Kartini sejak beberapa minggu terakhir kerap mengunggah videonya di akun Snapchat ketika sedang membaca buku tentang Kartini. 

Setidaknya ada lebih dari tiga buku yang dibaca. Saat ini proses film memasuki masa reading. Dian beberapa kali juga mengunggah foto kegiatan mendalami karakter itu di akun Instagram.

Di antara posting-an itu, pemeran Cinta dalam AADC? dan AADC2 tersebut menunjukkan hobinya menggambar doodles. Kegiatan itu dia lakukan sambil menunggu giliran reading. Di notes mungilnya, ibu dua anak tersebut menggambar wajah-wajah lawan mainnya. 

Hanung sadar, menjadikan Dian Sastro sebagai Kartini memberinya tantangan tersendiri. Dari segi usia, mereka jauh berbeda. Kartini diceritakan berumur 19 tahun, sedangkan Dian saat ini berusia 34 tahun. 

Namun, Hanung percaya Dian bisa membuat penonton percaya bahwa dirinya benar-benar Kartini.

’’Ini memang PR besar untuk aktor yang memerankan film biopik agar dapat memproyeksikan sosok yang diperankan semirip mungkin. Jika memang tidak sama dari segi fisik, maka mereka harus bisa menyamakan jiwa dari tokoh yang diperankan,’’ jelas Hanung.

Dian tampak menikmati kerja sama dengan orang-orang terpilih itu. Dia mem-posting foto Christine Hakim yang berperan sebagai ibunya ketika menyendiri membaca skenario. 

’’Dari dulu beliau suka menyendiri untuk mempersiapkan pekerjaannya #respect #panutan,’’ tulis Dian. 

Saat mem-posting foto bersama Acha yang berperan sebagai Rukmini, adik Kartini, Dian pun mengucap syukur. ’’Bersyukur bisa bermain bersama temen temen ini… Alhamdulillah,’’ ujarnya.

Pemain lain juga mengunggah kegiatan mereka. Dari situ terlihat, selain mempelajari karakter, dialog, dan mengenal lawan main, mereka belajar berjalan jongkok, berlatih bahasa Belanda, serta berkomunikasi dengan logat bahasa Jawa.

Berada di tempat reading, para pemain sudah menggunakan pakaian adat Jawa. Yang perempuan menggunakan kebaya dan jarit, sedangkan yang pria memakai blangkon. 

Hanung membebaskan para pemainnya memajang foto atau mengunggah video di akun media sosial. Dia bahkan sengaja melakukan hal tersebut.

’’Kami ingin menginformasikan ke penonton bahwa film Kartini berbeda dengan Surat Cinta untuk Kartini,’’ katanya.

Menurut Hanung, hal tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan bias. Sebab, saat Surat Cinta untuk Kartini tayang pada 21 April lalu, banyak penonton yang mengira bahwa itu adalah film Kartini yang dibuatnya. Padahal bukan. Untuk film buatannya itu, Hanung menargetkan rilis pada pengujung tahun ini. (glo/c5/ayi)

Film Kartini

Sutradara        : Hanung Bramantyo 

Penulis skenario    : Dirmawan Hithaway 

Produser        : Robert Ronny 

Pemain: 

Dian Sastrowardoyo    : RA Kartini

Acha Septriasa    : Roekmini, adik Kartini

Ayushita        : Kardiah, adik Kartini

Deddy Sutomo    : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, ayah Kartini

Christine Hakim    : Ngasirah, ibu Kartini

Adinia Wirasti        : Soelastri, kakak tiri Kartini

Reza Rahadian    

Djenar Maesa Ayu

Denny Sumargo

Produksi        : Legacy Pictures 

Tahap penggarapan    : Saat ini memasuki masa reading

Jadwal rilis        : Akhir 2016

 

loading...
Click to comment
To Top