Jutaan Warga Inggris Meneken Petisi Gelar Referendum – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Jutaan Warga Inggris Meneken Petisi Gelar Referendum

300px-Bendera-bendera_britania_raya

FAJAR.CO.ID, INGGRIS- Lebih dari satu juta warga Inggris meneken petisi yang berisikan tuntutan agar pemerintah gelar referendum kedua, atau referendum ulang. Karena jumlah penggugat melampaui batas minimal 100.000 orang, parlemen akan mempertimbangkan petisi tersebut.

’’Kami mendesak pemerintah menerapkan aturan tentang perolehan suara referendum,’’ kata William Oliver Healey, penggagas petisi.

Dalam aturan tentang referendum, parlemen menuliskan bahwa jika perolehan suara kurang dari 60 persen dan angka kehadiran kurang dari 75 persen, harus ada referendum ulangan.

Referendum Brexit 23 Juni itu diikuti sekitar 72,2 persen pemilih dan perolehan suara kubu leave tidak lebih dari 52 persen. Dua fakta tersebut, menurut Healey, cukup kuat untuk menggelar referendum kedua.

Selasa nanti (28/6), parlemen menggelar sidang. Wacana referendum ulangan yang diusung Healey dalam petisinya itu bakal menjadi salah satu topik pembahasan penting.

Di Kota London, kubu remain menang. Hal yang sama terjadi di Skotlandia dan Irlandia Utara. Namun, di sebagian besar wilayah Inggris, rakyat lebih memilih leave.

Dominasi remain di ibu kota memaksa sekelompok warga menuntut London merdeka. Kemarin, dalam petisi berbeda, lebih dari 100.000 warga mendesak Wali Kota Shadiq Khan untuk memerdekakan London.

Dengan demikian, London bisa kembali masuk menjadi anggota UE tanpa memedulikan hasil referendum. (AFP/Reuters/BBC/hep/c23/any)

loading...
Click to comment
To Top