Tuai Kritikan, Status Eksklusif Aplikasi Oculus Rift Dicabut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Tuai Kritikan, Status Eksklusif Aplikasi Oculus Rift Dicabut

image

FAJAR.CO.ID – Seperti diberitakan Fajar sebulan lalu, Oculus mengeluarkan update software perangkat miliknya, Oculus Rifts, untuk memastikan aplikasi virtual reality (VR) eksklusif miliknya tidak dapat dijalankan pada perangkat VR saingannya HTC Vive.

Sebelumnya diketahui bahwa dengan menggunakan tool pihak ketiga bernama Revive, para pengguna HTV Vive dapat menjalankan aplikasi-aplikasi eksklusif milik Rift.

Namun secara mengejutkan, anak perusahaan Facebook tersebut baru saja mengumumkan akan menghapus digital right management (DRM) yang berfungsi mencegah Vive untuk menikmati aplikasi daripada Rift.

Dalam sebuah pernyataannya, pihak Oculus menekankan bahwa apa yang mereka lakukan melalui DRM itu tidak lebih sebagai upaya melindungi para developer dari tangan-tangan jahil para pembajak.

Oculus juga menekankan, dengan pencabutan DRM itu, bukan berarti pihaknya menyerah dalam melindungi hak cipta dan perang terhadap pembajakan intelektual

Alasan penghapusan DRM tersebut terkait dengan kritik yang disampaikan para pecinta dan pengembang aplikasi berbasis VR terhadap keputusan Oculus tersebut. Menurut mereka, membuat aplikasi eksklusif pada level awal pengembangan VR akan buruk terhadap perkembangan VR untuk diterima di masyarakat.

loading...
Click to comment
To Top