Ini Pernyataan Keras Tito Kepada Penyandera WNI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ini Pernyataan Keras Tito Kepada Penyandera WNI

011904100_1444737419-20151013-Tito-Karnavian2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Tito Karnavian sempat memberikan penilaian soal aksi penculikan dan penyanderaan WNI di Filipina Selatan.

Kapolri terpilih itu menilai ulah kelompok militan tersebut sebagai bentuk teror. “Ya itu terorisme,” jawab Tito, sembari berjalan meninggalkan ruang paripurna DPR, Senin (27/6).

Sebelumnya Anggota Komisi I DPR Supiadin juga geram dengan ulah kelompok yang banyak beraksi di perairan Tawi-tawi, Filipina Selatan.

Menurut dia, Abu Sayyaf sebagai salah satu pimpinan kelompok besar di Filipina Selatan bermasalah dengan pemerintah Filipina, tapi mengapa dalam gerakannya kerap melibatkan warga negara asing seperti Indonesia.

“Kenapa bawa warga negara asing untuk diculik? ini pemberontak atau teroris? ini harus dibicarakan pemerintah Indonesia dan Filipina, harus tegas,” kata Supiadin.

Mayjen TNI (Purn) itu menyebutkan, kalau kelompok+kelompok tersebut merupakan pemberontak, maka mereka melawan pemerintahan Filipina yang sah. Sehingga tidak boleh menjadikan warga nehgara asing sebagai sander.

“Kalau pemberontak pada pemerintah, tuntutannya jangan jadikan warga negara asing sebagai sandera. Kalau mereka teroris bikin kesepakatan Indonesia-Filipina, kerjasama penindakan teroris,” pungkasnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top