Irma Suryani Curiga Ada Mafia Penyebaran Vaksin Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Irma Suryani Curiga Ada Mafia Penyebaran Vaksin Palsu

Irma Suryani Chaniago

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR Irma Suryani mencurigai adanya mafia dalam pengedaran vaksin palsu. Pasalnya, vaksin itu sudah disebarluaskan sejak 2003 lalu.

“Saya curiga ada mafia bermain. Mulai dari distribusi, pembuat, pemasok, sampai user atau rumah sakitnya,” tegasnya saat rapat dengan Menkes, BPOM, IDAI, dan Bio Farma di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/6). ‎

Kecurigaannya bukan tanpa alasan. Sebab, modus penyebaran vaksin palsu itu sangat rapih. Apalagi berjalan sejak 13 tahun lalau. Untuk membedakannya pun mudah, dapat dicek melalui harganya.

Harga vaksin asli berkisar 800 ribu sedangkan yang palsu sekitar 200-30 ribu. ‎

‎”Saya nggak yakin paramedis tidak tahu membedakan vaksin asli dan palsu. Mestinya paramedis tau kenapa ini bisa sedemikian lama tersimpan rapi. Pasti ada oknum-oknum. Ini jadi tanggung jawab pemerintah,” sebut Irma.

Rekannya, ‎Amelia Anggraini‎ meminta agar pemerintah segera melakukan penelusuran terhadap rekening pelaku maupun peredaran uang dari penjualan vaksin.

“Apakah ada keterlibatan pemerintah, aparatur kementerian ‎pihak rumah sakit, karena jelas selisih harganya jauh,” pinta dia.

Ia meminta agar ada hukuman tegas bagi para pelaku atau pengedar vaksin tersebut. “Karena ini bentuknya seperti genosida,” pungkas Irma. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top