Microsoft Kembangkan Sensor Tangan Pengganti Mouse dan Keyboard – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Microsoft Kembangkan Sensor Tangan Pengganti Mouse dan Keyboard

FAJAR.CO.ID – Sejak dulu hingga sekarang, penggunaan komputer tidak pernah terlepas dari keberadaan mouse dan keyboard, bahkan tanpa keduanya apa lah gunanya komputer.

Para peneliti di Microsoft melihat hal ini sebagai hal yang menarik, karenanya, perusahaan yang dibangun Bill Gates itu bermimpi untuk menciptakan antarmuka bagi komputer yang menggantikan fungsi mouse dan keyboard ke depannya.

Tim peneliti Microsoft yang berisikan Kfir Karmon, Jamie Shotton dan Hrvoje Benko kini tengah mengembangkan teknologi masa depan dimana tangan anda akan benar-benar menggantikan fungsi mouse.

Dilansir dari SlashGear, dengan teknologi ini nantinya, anda hanya akan perlu menggerakan tangan untuk memasukan gambar dalam presentasi atau untuk sekedar menambahkan kutipan, sebagaimana visi Karmon dalam proyek tersebut.

Sementara Jamie Shotton menginginkan agar para penggunan dapat menggunakan tangan seperti layaknya dalam kehidupan sehari-hari seperti memencet tombol, mengangkat peralatan dan masih banyak lagi.

Beda lagi dengan Benko yang ingin menggabungkan VR dengan obyek simpel untuk menciptakan simulator yang realistis dan komplex dengan menggabungkan elemen virtual dan dunia nyata.

Apa pun ide yang mereka miliki, pada intinya, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan interaksi teknologi ini agar terlihat hidup dan natural.

“Bagaimana kita berinteraksi dengan dunia nyata? Caranya, kita angkat, kita sentuh dengan jari dan kita manipulasi. Kita akan dapat melakukan hal yang sama persis (di kehidupan nyata) pada obyek virtual,” kata Shotton yang juga kepala penelitian visi komputer di Microsoft Cambridge.

Tim peneliti ingin agar teknologi ini akan dapat beradaptasi dengan mereka yang menggunakan, bukan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teknologi menggunakan antarmuka seperti suara, pengelihatan dan body language ketika berinteraksi dengan seseorang.

“Kami telah mencapai sebuah tahap dimana pengguna dapat merasakan tangan avatar adalah tangan milik mereka sendiri,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top