Semua Panik. Hari Pertama PSB Online Jaringan Lelet. Ratusan Siswa Menumpuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Semua Panik. Hari Pertama PSB Online Jaringan Lelet. Ratusan Siswa Menumpuk

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

 

FAJAR.CO.ID, PADANG – Masalah teknis muncul di pertama Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online di SMP, SMA dan SMK Negeri di Padang.

Pendaftar mengeluhkan leletnya jaringan untuk meng-entry data dan sedikitnya loket pendaftaran. Pihak sekolah diduga tidak menjalankan instruksi yang telah diberikan Dinas Pendidikan, karena sebelumnya sudah diminta untuk mengantisipasi hal-hal seperti di atas.

Yarni, 45, orangtua siswa mengeluhkan sedikitnya loket pendaftaran. Menurut dia, seharusnya panitia menambah beberapa loket pendaftaran sehingga pendaftar tidak menumpuk.

Sementara itu, di SMPN 18 Padang  yang berlokasi di Balaibaru, pendaftar membeludak. Sejumlah loket terlihat ramai orangtua calon siswa yang mengantarkan anaknya mendaftar.

Namun  komputer yang digunakan untuk meng-entry dan mencetak data loading-nya lambat sehingga orangtua dan calon peserta didik menumpuk di loket pengambilan hasil pendaftaran PSB Online.

Kepala SMPN 18 Nazir mengakui proses memasukkan data sangat lambat. Hal itu terjadi karena jaringan yang lelet sehingga pendaftar menumpuk.

”Lama menunggu akhirnya orangtua beserta anaknya banyak yang menumpuk di loket pengambilan hasil pendaftaran PSB Online,” katanya.

Dia menambahkan, daya tampung untuk SMPN 18 ada 6 kelas, masing-masing kelas berjumlah 36 orang dengan total semuanya 216 orang.

Sementara, Pada hari pertama PSB Online SMAN 3 Padang dibuat pusing oleh ulah hacker (peretas, red). Pasalnya, web SMAN 3 Padang diretas, sehingga siswa yang akan mendaftar butuh informasi tentang sekolah tidak dapat melihat profil sekolah tersebut.

Kepala SMAN 3 Padang, Ramadhan Syah menuturkan,  web SMAN 3 diretas dari hari Jumat (24/6).

“Web sekolah tidak bisa dibuka lagi, sementara kita butuh informasi-informasi seperti dari pusat perlu informasi tentang SMAN 3, karena SMAN 3 baru saja menandatangani MoU dengan Dirjen pembinaan SMA di Jakarta sebagai sekolah rujukan, sementara web tidak bisa dibuka lagi. Tapi sudah dilakukan upaya untuk memulihkan seperti biasa,” katanya.

Konten yang ada di dalam web yaitu tentang profil sekolah. Segala hal terkait dengan prestasi dan data-data siswa baru yang masuk melalui mandiri.

”Untuk data siswa online tidak ada di dalam web tetapi berada pada web Dinas Pendidikan kota Padang,” imbuhnya.(w/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top