Mudik ke Rembang? Ada Wisata Bahari, Sejarah, Religi sampai Dataran Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Mudik ke Rembang? Ada Wisata Bahari, Sejarah, Religi sampai Dataran Tinggi

FAJAR.CO.ID, REMBANG — Jalur mudik Pantura sebelum memasuki Jawa Timur adalah Rembang. Arah timur setelah Kota Semarang, Demak, Kudus, Pati, baru memasuki Kota Pesisir yang sebelah kirinya sudah Laut Jawa dan banyak kampung nelayan. Memang tidak terlalu ramai kotanya, dibandingkan dengan Kudus atau Jepara. Tetapi setiap kota selalu ada tempat wisata bagi warganya refreshing dan melepas lelah.

”Kalau Mudik ke Rembang, ada sejumlah potensi wisata bahari yang keren. Ada wisata sejarah, religi, alam, juga gunung dan alam,’’ ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya berpromosi. Silakan berwisata ke Rembang, dengan #PesonaLebaranRembang  #PesonaKulinerRembang #PesonaIndonesia
Agar Anda cepat mengambil keputusan, berikut 10 destinasi wisata yang layak Anda kunjungi selama di Rembang.

1.Makam RA Kartini
Inilah makam pahlawan emansipasi wanita R.A. Kartini, yang setiap bulan 21 April diperingati secara nasional, dengan mengenakan baju adat. Ini sekaligus momentum untuk melestarikan budaya nasional, dengan aneka pakaian adat di seluruh Indonesia, bukan hanya baju adat Jawa yang biasa dikenakan RA Kartini. Dia tokoh emansipasi, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan dalam segala bidang kehidupan. RA Kartini sendiri Wafat di Rembang 17 September 1904 dan makamnya berada di desa Bulu Kecamatan Bulu atau sekitar 17,5 Km ke arah selatan kota Rembang.

2.Museum Kamar Pengabdian RA Kartini
Di Jepara ada sebuah museum yang dibangun untuk mengenang perjalanan RA Kartini dalam memperjuangkan hak wanita untuk meraih pendidikan. Di Rembang juga ada museum serupa. Namanya adalah Museum Kamar Pengabadian R.A.Kartini. Museum ini menempati sebagian rumah dinas bupati Rembang yang berada di Jl. Gatot Subroto No.8 di pusat kota Rembang. Di museum ini dapat kita temui tulisan yang merupakan goresan asli dari tangan pahlawan emansipasi wanita ini.

3.Petilasan Sunan Bonang
Sunan Bonang atau memiliki nama asli Raden Makdum Ibrahim merupakan salah satu dari dari sembilan wali yang berjasa besar menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Maka sejumlah peninggalannya pun hingga kini coba untuk tetap dijaga oleh para pemeluk agama islam di tanah jawa.
Salah satunya adalah petilasan ini. Di petilasan ini terdapat sebuah batu yang konon digunakan oleh Sunan Bonang untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

4.Wisata Sejarah Lasem
Lasem merupakan sebuah kecamatan di Rembang yang mendapat julukan sebagai Tiongkok Kecil atau Little China. Lasem dipercaya sebagai tempat mendaratnya etnis Tionghoa di Pulau Jawa. Jejak-jejak sejarah Kota Lasem ini sampai sekarang masih dapat dilacak dengan peninggalan berbagai macam bangunan yang masih terjaga keasliannya.

5.Pantai Dampo Awang
Pantai Dampo Awang atau biasa disebu Pantai Kartini merupakan satu dari sekian banyak wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rembang. Lokasi tempat wisata pantai di Rembang ini sangat strategis, karena terletak di jantung Kota Rembang, tepatnya di sebelah timur Kantor Pemerintahan Kabupaten Rembang.
Di pantai ini terdapat banyak sekali wahana untuk mendukung kegiatan wisata seperti arena flying fox, taman bermain anak, panggung hiburan serta perahu wisata. Di sekitar pantai juga ada sebuah jangkar tua besar yang konon merupakan milik Dampo Awang, yang tidak lain adalah tokoh legendaris asal Rembang.

6.Pantai Karang Jahe
Pantai Karang Jahe berada di Desa Punjulharjo, Rembang Jawa Tengah. Nama ‘Karang Jahe’ sendiri diambil karena di pantai ini terdapat banyak serpihan karang yang berbentuk seperti jahe. Pantainya yang berpasti putih dan bersih, dijamin bakal membuat anda betah untuk mehabiskan waktu di sini.

7.Pulau Karang Gosong
Pulau Karang Gosong merupakan sebuah pulau yang terletak di perairan Laut Jawa di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Pulau ini hanya berjarak lebih kurang 4 km dari bibir pantai desa Bonang.
Pulau ini mempunyai panorama dalam laut yang menawan. Ikan-ikan karang yang berlalu lalang di dalam laut sangat jelas terlihat dari atas perahu, karena pantai di sana hanya berkedalaman kurang dari 2 m. Juga bentuk-bentuk karang hidup yang ada di sekitar pusat karang.

8.Pantai Jatisari
Pantai Jatisari berada di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Selain memiliki keindahan berupa pasir putih juga terdapat pemandangan berupa bebatuan yang menambah nuansa alami di pantai ini.
Pantai ini juga biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

9.Hutan Mangrove Pasarbangi
Rembang juga punya hutan mangrove. Lokasinya berada di Desa Pasarpanggi, Kecamatan Rembang. Di sini Anda bisa menikmati sejuknya suasana hutan mangrove sambil menapaki jembatan kayu yang membentang sepajang hutan mangroe.

10.Puncak Argopuro
Tempat yang satu ini sangat cocok bagi anda para penggila selfie. Meski Rembang merupakan kota pesisir, namun Anda bisa menikmati suasana pegunungan dengan datang ke tempat ini. Dari Puncak Argopuro Anda bisa berfoto dengan latar belakang hijaunya hutan dan indahnya alam perbukitan. (*)

loading...
Click to comment
To Top