Studi Ini Ungkap Manfaat Omega-3 Terhadap Kesehatan Jantung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Studi Ini Ungkap Manfaat Omega-3 Terhadap Kesehatan Jantung

FAJAR.CO.ID – Hidup dengan pola makan sehat adalah faktor penting dalam mengurangi resiko terkena serangan jantung. Menurut studi terbaru, mengkonsumsi asam lemak omega-3 sebagai bagian dari pola makan sehat ternyata memiliki keuntungan tersendiri terhadap kesehatan jantung manusia.

Menurut penelitian Universitas Tufts di Boston, Amerika Serikat, omega-3 yang dapat ditemui pada ikan seperti samlon, patin dan bandeng serta makanan berbasis sayur berwarna hijau seperti bayam, bunga kol, brokoli dan jenis kacang-kacangan amat berpengaruh terhadap resiko kematian yang disebabkan gagalnya fungsi jantung.

“Sebelumnya tidak ada kejelasan tentang efek kardiovaskular terhadap efek dari omega-3. Hasil dari penelitian kami menunjukan pentingnya ikan dan konsumsi omega-3 sebagai bagian dari diet yang sehat,” kata penulis studi senior Universitas Tufts Dr. Dariush Mozaffarian.

Menurut data yang dianalisa para peneliti dari 19 studi terdahulu yang melibatkan 45.637 partisipan yang berasal dari 16 negara, termasuk di antaranya AS, Inggris, Italia, Norwegia dan Australia, ditemukan bahwa 7.973 partisipan yang pernah mendapatkan serangan jantung untuk kali pertama, terdapat 2.781 kasus yang berakhir dengan kematian.

Dari situ diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi omega-3 dapat menurunkan prosentase dari ancaman serangan jantung yang mematikan sebesar 10 persen, dibandingkan mereka yang memiliki kadar omega-3 yang rendah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top