Tak Ada Final Ideal di Euro 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Tak Ada Final Ideal di Euro 2016

Bagan Perempat Final Euro 2016

FAJAR.CO.ID, PRANCIS – Cerita gelaran Euro 2004 potensial terulang di Euro 2016 yakni tak ada final ideal. Kala itu, dua tim yang belum pernah juara dan tak memiliki tradisi kuat di Euro, Portugal serta Yunani, berlaga di partai puncak. 

Selanjutnya Euro 2008 dan 2012 cukup menarik karena tercipta final ideal. Di Euro 2008 dua tim yang pernah merasakan gelar juara yakni Spanyol dan Jerman bersua di final. Spanyol tampil sebagai pemenang. 

Kemudian di Euro 2012, Spanyol kembali tampil di final dan berjumpa Italia. Final ideal ini dimenangi Spanyol. Italia pernah juara di ajang Euro pada 1968. 

Di Euro 2016 dipastikan satu finalis belum pernah berjaya di ajang ini. Tengok jalur yang melibatkan Polandia, Portugal, Wales, dan Belgia. Keempat tim belum pernah ada yang juara Euro. Bahkan, hanya Portugal dan Belgia yang pernah merasakan partai puncak namun kalah. 

Sementara Wales adalah debutan dan Polandia baru pertama kali ini lolos dari fase grup. 

Di jalur yang berisikan Jerman, Italia, Prancis, dan Islandia, justru sudah saling bentrok tim-tim kuat yang pernah merasakan gelar juara. Jerman dan Italia saling jegal di perempat final. 

Ditarik ke belakang, duel final kepagian sudah tercipta di babak 16-besar. Italia harus bertemu Spanyol dan Gli Azzurri yang berhasil melaju ke perempat final.

Sementara itu, Prancis yang bertemu Islandia, andai lolos akan menciptakan final kepagian kembali di semifinal. Prancis bakal bersua Jerman atau Italia. 

Bisa dibilang hal ini terjadi karena munculnya kejutan di fase grup. Spanyol gagal menjadi juara grup sehingga harus berada di jalur sengit. Demikian pula Inggris yang juga berada di jalur yang terdapat Italia serta Prancis lantaran gagal menjadi juara grup. 

Andai Spanyol dan Inggris menjadi juara grup, keduanya tak akan berada di jalur yang terdapat Jerman, Italia, dan Prancis. Sehingga, potensi untuk terjadi final ideal masih ada. (epr/JPNN)

loading...
Click to comment
To Top