Update Windows 10 Secara Diam-diam, Microsoft Bayar Ganti Rugi Ratusan Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Update Windows 10 Secara Diam-diam, Microsoft Bayar Ganti Rugi Ratusan Juta

FAJAR.CO.ID – Beberapa hari usai dirilisnya Windows 10 kepada publik awal tahun ini, komputer milik seorang wanita bernama Teri Goldstein asal California, AS, mengunduh dan menginstal OS terbaru milik perusahaan berlogo empat jendela itu.

Namun diakui olehnya update tersebut tidak melaui proses autorisasi, alias tanpa sepengetahuannya. Alhasil, komputer yang biasa ia gunakan untuk menjalankan bisnis travel miliknya itu terganggu lantaran komputer miliknya mulai sering “crash” dan sama sekali tidak dapat digunakan.

“Saya tidak pernah mendengar soal Windows 10. Tidak ada yang bertanya (tidak ada notifikasi) apakah saya ingin meng-update,” kata Teri seperti dikutip dari Seatle Times.

Lantaran komputer miliknya tetap tidak dapat digunakan, kendati sudah mendapat bantuan dari customer support, Teri memutuskan untuk membawa masalah tersebut ke jalur hukum, menuntut ganti rugi.

Alhasil, pengadilan pun memenangkan gugatannya atas raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Washington itu. Oleh pengadilan, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu diminta untuk membayarkan uang ganti rugi sebesar $10.000 atau setara dengan Rp 131 juta.

Kendati demikian, Microsoft sendiri menampik bahwa pihaknya bersalah atas kejadian tersebut. Dan demi menghindari lebih banyak uang yang keluar, pihak membatalkan langkah banding yang sebelumnya diajukan.

Bagi anda yang belum mengetahui, Microsoft menawarkan update gratis bagi anda para pemilik Windows dan Windows 8 non bisnis hingga 29 Juli 2016 mendatang. Setelah itu, harga yang ditawarkan Windows untuk meng-update versi terbaru itu adalah sebesar $119 atau sekitar Rp. 1,5 juta.

To Top