Sumber Uang Suap Dikasus Saipul Jamil Itu Hasil Ini Loh.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Sumber Uang Suap Dikasus Saipul Jamil Itu Hasil Ini Loh..

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kasus suap yang dilakukan oleh pihak pedangdut Saipul Jamil, kepada panitera Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara Rohadi, mulai terungkap. Ternyata uang yang digunakan untuk aksi penyuapan itu bukan dari hasil penjualan rumahnya.

Uang tersebut memang milik Saipul Jamil yang diperoleh dari honor kerjanya, yang mana dititipkan ke rekening kakaknya Samsul Hidayatullah.

’’Selama ini Saipul menitipkan sebagian uangnya ke rekening kakaknya untuk sejumlah kebutuhan, tapi dia tidak tahu kalau kemudian ada yang diberikan untuk panitera,’’ kata Nazaruddin Lubis, salah satu pengacara Saipul, kemarin (28/6).

Dia menyebut uang kliennya itu salah satunya dari honor tampil di televisi, bukan penjualan rumah seperti yang disampaikan KPK.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyebut uang yang diberikan Samsul ke Rohadi kemungkinan dari Saipul. Sebab sebelumnya beredar kabar Saipul sampai harus menjual rumah untuk menyelesaikan perkara pencabulan yang menjeratnya.

’’Tapi Saipul tak tahu soal uang yang diberikan ke Rohadi. Dia shock kok ketika kasus ini terbongkar,’’ kata Nazaruddin yang kemarin menjalani pemeriksaan sebagai saksi di KPK.

Versi Nazar, sapaan Nazaruddin, tak ada komunikasi antara Samsul dan Saipul terkait perkara penyuapan Rohadi.

Nazar sendiri masih menyangkal kasus yang menimpa keluarga kliennya merupakan penyuapan. Dia menyebut delik yang seharusnya diterapkan KPK ialah gratifikasi. ’’Itu pemberian uang biasa, tidak berkaitan dengan perkara. Kan sudah diputus sebelumnya,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan selama ini, kakak Saipul Jamil, Samsul tertangkap KPK setelah memberikan uang ke Rohadi.

Pemberian itu dilewatkan pengacara Saipul lainnya, Berthanatalia dan Kasman Sangaji. Uang yang diberikan berjumlah Rp 250 juta. Pemberian itu terjadi sehari setelah putusan kasus pecabulan Saipul.

Dalam kasus itu, Saipul hanya dihukum tiga tahun penjara. Padahal sebelumnya jaksa mengajukan tuntutan hukuman tujuh tahun penjara. Diduga ada permainan pasal di balik perkara itu untuk memperingan putusan Saipul.(gun/agm)

loading...
Click to comment
To Top