Apple Patenkan Teknologi “Anti Camera”, Begini Maksudnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Apple Patenkan Teknologi “Anti Camera”, Begini Maksudnya

FAJAR.CO.ID – Para penonton konser live ke depannya mungkin tidak akan lagi dapat mengambil gambar atau merekam aksi panggung para artis setelah Apple mematenkan teknologi yang dapat memblok fitur kamera pada iPhone.

Software terbaru yang belum secara resmi diperkenalkan Apple itu dikabarkan memungkinkan venue-venue untuk menggunakan sinar inframerah untuk mematikan fungsi kamera pada ponsel,

Dilansir dari Variety, ide pengembangan software ini lahir dari banyaknya komplain yang dilontarkan para musisi dan aktor atas penggunaan ponsel pada area panggung yang dianggap merugikan, pasalnya, mereka yang tidak membayar atas tiket pertunjukan dapat menikmati suguhan panggung melalui foto atau pun video yang disebarkan melalui media sosial oleh mereka yang nonton secara langsung.

Selebriti seperti Adele, Jack White dan Zooey Deschanel pernah menyatakan rasa frustasi mereka atas penggunaan ponsel yang dijelaskan sebelumnya. Bahkan, lantaran kesal atas ulah penontonya yang merekam aksinya dengan ponsel dalam panggung teater yang memainkan ‘Hamlet’, aktor Benedict Cumberbatch terpaksa merusak karakter yang sedang ia perankan untuk menyindir para perekam yang jumlahnya lebih dari satu orang itu.

“Ini sangat menyebalkan dan tidak ada yang lebih kurang suportif atau dapat dinikmati seorang aktor diatas panggung merasakan hal ini,” ujarnya geram.

Apple sendiri belum memberikan informasi mendetil tentang kapan teknologi anti kamera ini akan mulai diterapkan. Namun ada satu hal yang menjadi kecemasan seperti diungkap The Telegraph mengenai software ini. Media asal Inggris itu menemukan adanya celah bagi software ini untuk digunakan dalam situasi yang berbeda terhadap user seperti pada demonstrasi politik atau kekerasan aparat, mengebiri mereka atas hak sipil.

To Top