Ini Persiapan BNPB Atasi Bencana saat Arus Mudik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Persiapan BNPB Atasi Bencana saat Arus Mudik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Potensi bencana alam tidak dapat diduga kapan terjadinya. Termasuk ketika di hari raya Idulfitri. Mengantisipasi terjadinya bencana alam di hari nan fitri itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan sejumlah langkah strategis.

Ada beberapa hal yang dipersiapkan BNPB terkait prediksi meningkatnya curah hujan di Indonesia. Terutama di saat dalam situasi arus mudik.

“BNPB menyiapkan personel, kemudian logistik peralatan, dan lainnya ketika terjadi bencana,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho ketika menggelar konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/6).

Bahkan, kata dia, organisasi penyelamat itu juga berjanji akan senantiasa mengantisipasi dan hadir melakukan penanganan bencana. “BNPB dan BPBD akan selalu hadir untuk melakukan penanganan bencana,” serunya.

Tak hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga mendirikan posko-posko yang ada di daerah, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat yang terkena dampak dapat ditangani. Upaya evakuasi, penyelamatan, dan memberikan bantuan-bantuan berupa kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terdampak bencana akan siap ditangani jajaran BNPB maupun BPBD.

“Yah kita membntu masyarakat agar mudiknya terasa aman, lebih nyaman dan mudah-mudahan selamat semuanya,” tuturnya. (uya/JPG)

To Top