Juara Eropa Sudah Ditunggu Cile – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Juara Eropa Sudah Ditunggu Cile

FAJAR.CO.ID – WACANA mempertemukan juara Euro 2016 dengan pemenang Copa America Centenario, Cile, menyeruak ke permukaan. Artinya, siapa pun jawara Euro 2016 sudah ditunggu Cile. 

Seperti diketahui, Cile berhasil meraih gelar juara Copa America Centenario 2016 usai mengalahkan Argentina di final lewat adu penalti. Itu merupakan gelar kedua Cile di ajang tersebut dan didapatkan secara back to back. 

Usul mempertandingkan juara Euro 2016 melawan juara Copa America Centenario disampaikan oleh Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez. Pihaknya sudah mengirimkan proposal ke UEFA terkait rencana tersebut. 

Hanya saja, rencana tersebut terkendala jadwal. Maklum saja, Cile sudah ditunggu laga Pra-Piala Dunia 2018 pada bulan depan. 

“Kami telah mendapat respons positif dari UEFA terkait rencana mempertandingkan juara Copa America dengan juara Euro,” tulis Dominguez di akun Twitter resmi miliknya. “Kami akan segera mempelajari dan menentukan jadwal yang tepat,” imbuhnya. 

Laga tersebut direncanakan sebagai awalan kembali digelarnya Artemio Franchi Trophy pada 2018 mendatang. Seperti diketahui, turnamen tersebut sudah diselenggarakan sebanyak dua kali pada 1985 dan 1993. Kala itu hanya mempertemukan pemenang Copa America dengan juara Euro.

Prancis mengalahkan Uruguay 2-0 dalam turnamen perdana. Kemudian Argentina menang atas Denmark lewat adu penalti delapan tahun kemudian.

Artemio Franchi Trophy 2018 yang akan diselenggarakan di Milan, Italia, diikuti Cile sebagai juara Copa America 2015, Argentina (runner-up Copa America 2015), juara Euro 2016, dan runner-up Euro 2016. 

Turnamen tersebut berbeda dengan wacana yang diusulkan CONMEBOL. Laga Cile kontra juara Euro 2016 hanya mempertemukan dua tim saja. Selain itu, bakal diupayakan dihelat pada 2016. (epr/JPNN)

loading...
Click to comment
To Top