KPK akan Cegah DPR Korupsi Kalau Diminta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

KPK akan Cegah DPR Korupsi Kalau Diminta

sejumlah-tokoh-hadir-dalam-aksi-damai-gerakan-hms-di-kpk-ICs

FAJAR.CO.ID- Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif, berharap penangkapan anggota Komisi III DPR, I Putu Sudiartana, menjadi peringatan bagi wakil rakyat lainnya agar tidak lagi menerima suap. Apalagi, suap tersebut terkait proyek infrastruktur.

“Mudah-mudahan kasus ini menambah kesadaran semua pihak. Infrastruktur ini kan proyek nasional yang harus kita selamatkan,” ujar Laode di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (30/6).

Pasalnya, kasus yang menjerat politikus Demokrat tersebut adalah suap untuk memuluskan proyek 12 ruas jalan di Sumatra Barat milik pemerintah Provinsi Sumatra Barat pada APBN-P 2016.

Putu diduga menjanjikan bisa mengurus proyek senilai Rp 300 milar tersebut dimasukkan dalam APBN-P 2016. Dengan begitu, proyek tersebut dibebankan ke negara dan Pemprov tidak pontang-panting menyisihkan anggaran untuk proyek ratusan miliar tersebut.

Sementara itu, belum lama ini KPK juga menangani kasus suap proyek jalan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang menjerat anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti dan anggota DPR dari Fraksi Golkar Budi Supriyanto.

KPK sendiri tidak tahu alasan persis kenapa banyak anggota Dewan terjerat kasus suap proyek infrastruktur. Meski begitu, pihaknya siap melakukan pencegahan.

“Tapi kalau KPK diminta dalam hal pencegahan oleh DPR, kami sangat bersyukur dan akan lakukan itu,” tandasnya. [zul]

loading...
Click to comment
To Top