Politisi PDIP Asal NTT Laporkan Ade Komaruddin ke MKD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Politisi PDIP Asal NTT Laporkan Ade Komaruddin ke MKD

honing

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota DPR RI dapil 1 Nusa Tenggara Timur, Honing Sanny mengadukan Ketua DPR RI Ade Komaruddin ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap dirinya, pasca dipecat oleh DPP PDIP.

Menurut Honing, usai menyerahkan berkas administrasi pelaporan ke MKD, bahwa Ketua DPR Ade Komaruddin terbukti tidak taat hukum dan melanggar UU MD3 tentang Pergantian Antar Waktu (PAW). Kasus hukumnya saat ini, kata Honing, masih sedang berjalan di Pengadilan Tinggi Jakarta.

Sehingga sebagai Ketua DPR, lanjut Honing, sebagai pimpinan DPR dalam membuat keputusan haruslah selalu berpijak pada UU. Terkait PAW, selaku ketua DPR selalu tunduk pada UU MD3 dan hukum yang berjalan.

“Sampai saat ini proses hukumnya sedang berjalan di pengadilan. Oleh karena itu status surat permintaan persetujuan PAW yang dikirim kepada Presiden Jokowi cacat formil dan harus segera ditarik,” kata Honing kepada wartawan didepan pintu MKD.

Terkait surat Ketua DPR kepada Presiden Jokowi tentang PAW dirinya, menurut Honing, disini ada upaya Ade Komaruddin sedang berupaya menjebak presiden untuk membuat keputusan yang salah. Padahal sebagai bagian partai pendukung pemerintah, Ade Komaruddin harusnya membantu presiden.

Untuk itu, dirinya berharap presiden beserta seluruh aparaturnya untuk menghormati proses hukum yang berjalan di pengadilan. Hal ini agar tidak ada kegaduhan publik kepada presiden.

Kasus PAW Honing Sanny ini berawal dari dilaporkannya atas kecurangan dalam Pileg 2014, lalu. Oleh, Mahkamah Partai PDIP telah membuktikan kecurangan tersebut sehingga akhirnya Honing yang sudah dilantik diberhentikan.

Tak terima diberhentikan, Honing kemudian melakukan gugatan dan kasusnya sedang berjalan di pengadilan. (idr/fmc)

loading...
Click to comment
To Top