PSBM XVI Fokus Membangun Sinergitas Bisnis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PSBM XVI Fokus Membangun Sinergitas Bisnis

FAJAR.CO.ID – Setiap Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) selalu melahirkan sejumlah rekomendasi namun tindaklanjut dari hasil rekomendasi tidak jarang berhenti sebagai rekomendasi saja. Karena itu, PSBM  XVI kali ini lebih memfokuskan kepada membangun sinergitas dari pelaku usaha dari seluruh Indonesia dengan daerah-daerah di Sulawesi Selatan.

“Format diubah menjadi dialog seperti talk show,“ kata Dewan Pengarah PSBM Muslimin Mawi, dalam rapat panitia PSBM XVI di Hotel Cempaka Jakarta, Rabu malam, 29/6.

Ketua Panitia PSBM XVI Ali Duppa memastikan Jusuf Kalla membuka perhelatan ini seraya berharap PSBM akan menghasilkan hasil konkret. “Pertemuan saudagar berlangsung 17 dan 18 Juli di Hotel Sahid Makassar,” kata Ali.

Wakil Ketua Umum BPP KKSS Andi Djamaro mengemukakan bahwa PSBM tidak lagi menerbtikan rekomendasi akan tetapi membuat kesimpulan yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan forum bisnis.

Sekjen BPP KKSS Ibnu Munzir  mengutarakan pentingnya kemasan acara supaya lebih menarik dan melibatkan perwakilan saudagar dari berbagai daerah untuk membedah persoalan-persoalan bisnis yang dihadapi saudagar belakangan ini.

Dalam rapat ini, juga dikemukakan perlunya diangkat persoalan bisnis dalam menghadapi MEA, perlambatan ekonomi, lesunya dunia usaha dan regulasi yang dirasakan menghambat pengusaha. “Ini bisa menjadi bahan diskusi dalam forum bisnis,” kata Mansyur Ahmad, Wakil Sekjen KKSS.

Wakil Sekjen KKSS Nur Amin segera mendata spesifikasi bisnis dari perserta PSBM guna memudahkan pemetaan jenis usaha. ”Dari sinilah kemungkinan lahir sinergitas bisnis,” ujar Nur Amin.

Click to comment
To Top