Tambah Luas, Vaksin Palsu Kini Ditemukan Lagi di Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Tambah Luas, Vaksin Palsu Kini Ditemukan Lagi di Semarang

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) menemukan vaksin yang diduga palsu di Kota Semarang.

Vaksin diduga palsu tersebut berjumlah 19 botol kecil atau vial berjenis Bacillus Calmette Guerin (BCG). Vaksin ini diamankan dari tiga fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Semarang.

Menurut Kepala BBPOM Semarang, Endang Pudjitami, jumlah vaksin yang diduga palsu itu beragam di setiap faskes. Ia mengaku kalau pihaknya tetap harus melakukan pengujian di Jakarta untuk memastikan vaksin tersebut asli atau palsu.

“Dari tiga faskes itu ada yang jumlahnya 10 vial, ada yang 5 vial, dan ada yang 4 vial. Sampelnya kami kirim ke BBPOM Jakarta,” kata Endang, Rabu (29/6/2016).

Pihaknya mencurigai kalau vaksin tersebut palsu, lantaran pengadaannya yang tidak melalui jalur resmi. Hal itu serupa dengan temuan hari Selasa (28/6) kemarin di dua klinik swasta di Kota Semarang.

“Kalau ada sales yang menawarkan vaksin lain maka itu ilegal,” tegasnya.

Untuk diketahui, setelah mencuatnya kasus vaksin palsu yang ditemukan di sejumlah daerah di Jabodetabek, BBPOM Semarang sejak tiga hari lalu langsung melakukan pengawasan ketat ke sejumlah faskes di Kota Semarang, Pekalongan, Rembang, Sragen, dan Salatiga. Total selama tiga hari sudah ada 41 faskes yang ditinjau.

Pada Senin lalu (27/6), tim Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri mengamankan pasutri berinisial T dan M di hotel di Semarang.Keduanya diketahui merupakan distributor vaksin palsu tersangka Rita Agustin dan Hidayat Taufiqurahman yang dibekuk di Bekasi. (ril/PS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top