Bingung Biaya Kuliah? Pertimbangkan Kredit Multiguna atau KTA Berikut ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Advetorial

Bingung Biaya Kuliah? Pertimbangkan Kredit Multiguna atau KTA Berikut ini

Banyaknya produk keuangan dari bank atau lembaga keuangan lainnya, kini telah masuk ke ranah diskusi orang tua mahasiswa. Tugas utama mahasiswa adalah belajar dan menyelesaiakan studi sebaik mungkin, sedangkan urusan biaya menjadi tanggung jawab orang tua. Namun kendala biaya kuliah seringkali membuat pikiran mahasisswa dan orang tuanya menjadi tidak fokus demi mencari solusi biaya untuk menutup uang kuliah tersebut.

Produk kredit yang sedang booming saat ini adalah Kredit Multiguna dengan Pinjaman Gadai BPKB atau Pinjaman KTA. Apakah Anda termasuk orang tua mahasiswa yang sedang bingung memilih solusi biaya kuliah tersebut? Jika iya, diantara 2 pilihan diatas, Anda pilih yang mana? Untuk membantu memberikan alternatif solusi, simak uraian lengkap kedua produk tersebut berikut ini:

Studi Kasus Orang Tua Butuh Biaya Kuliah Anaknya

Seorang karyawan dengan pendapatan Rp 9 juta sebulan,  dengan pengeluaran setiap bulan kurang lebih  Rp 4 – Rp 5 juta. Karyawan tersebut mempunyai 2 orang anak yang salah satunya akan memasuki jenjang perkuliahan. Biaya kuliah untuk anak tersebut belum ada karena jumlahnya cukup besar diantaranya untuk keperluan uang gedung, uang pangkal kuliah, dll.

Ada 2 produk keuangan yang menjadi pertimbangan karyawan tersebut yaitu KTA dan Kredit Multiguna.

Untuk melihat fitur kedua produk tersebut dan produk apa yang paling cocok untuk biaya kuliah, ikuti uraian lengkap berikut ini:

Kredit Multiguna untuk Biaya Kuliah

Biaya kuliah sebenarnya sudah bisa ditentukan waktunya sehingga persiapan menutup biaya kuliah dengan memiliki tabungan pendidikan penting untuk dilakukan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengantisipasi mahalnya biaya pendidikan yang terus naik mengikuti inflasi. Namun penghasilan yang pas-pasan seringkali membuat tabungan pendidikan juga tidak memungkinkan, sehingga mencari pinjaman memang bisa jadi alternatif. Dalam pinjaman kredit multiguna kebanyakan orang melakukan gadai BPKB mobil atau motor sebagai alternatif jaminan yang dimiliki.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman Kredit multiguna untuk biaya kuliah, perlu diperhatikan fitur karakteristik kredit multiguna tersebut sebagai berikut;

  • Membutuhkan jaminan sebagai syarat pinjaman
  • Aset yang bisa dijaminkan adalah BPKB kendaraan bermotor atau sertifikat rumah/ruko/tanah
  • Bunga kredti yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan dengan KTA
  • Plafon pinjaman menyesuaikan dengan kemampuan bayar dan nilai jaminan Anda

Beberapa lembaga keuangan atau bank yang menyediakan layanan pinjaman kredit multiguna untuk gadai bpkb motor atau mobil yang terpercaya misalnya BFI Finance, Clipan Finance, Indosurya FInance, Bank BRI, BCA dan masih banyak lagi

 Kredit Tanpa Agunan untuk Biaya Kuliah

Selain Kredit Multiguna, solusi kebutuhan dana kuliah bisa melalui KTA. Bedanya kalo kredit tanpa agunan (KTA) tidak memerlukan jaminan apapun. Konsekuensinya nilai pinjamannya tentu lebih besar kredit multiguna. Biasanya kedua produk tersebut mengenakan bunga pinjaman flat alias sama setiap bulannya.

Untuk mendapatkan KTA ini, seorang calon nasabah biasanya diwajibkan memiliki kartu kredit. Plafon pinjaman KTA mengikuti besarnya plafon kartu kredit. Secara umum, penghitungan kedua jenis pinjaman tersebut adalah:

  • Pengajuan KTA, nilai pinjaman tergantung limit kartu kredit dan gaji bulanan
  • Pengajuan Kredit Multiguna, nilai pinjaman tergantung dari proses appraisal aset

Ilustrasi Solusi untuk Kasus Orang Tua Butuh Biaya Kuliah Anaknya

Untuk kasus orang tua yang butuh biaya kuliah anaknya diatas, secara kapasitas misalnya saja untuk KTA, maka orang tua anak tersebut harus memiliki kartu kredit dengan limit Rp 10 juta, sehingga dia bisa mengajukan pinjaman Rp 40 juta (atau 4x dari limit kartu kredit).

Simulasinya sebagai berikut:

  • Pengajuan pinjaman sebesar Rp 40 juta
  • Persetujuan pencairan dana adalah Rp 30 juta.

 Perhitungannya:

  • Nilai pinjaman: Rp 30 juta
  • Biaya administrasi: Rp 500 ribu (perkiraan)
  • Pinjaman diterima: Rp 29.500.000

Penghitungan bunga dan cicilan:

  • Bunga: 1% per bulan (perkiraan) / 24% per tahun
  • Tenor: 24 bulan
  • Cicilan per bulan: Rp 30.000.000 / 24 bulan = Rp 1.250.000
  • Bunga cicilan: (Rp 30.000.000 x 24% x 2) / 24 = Rp 600.000

Total cicilan per bulan = Rp 1.850.000

Bagaimana jika orang tua tersebut memilih kredit multiguna?

Proses simulasinya hampir sama. Anda tinggal mengganti besarnya bunga dengan bunga Kredit Multiguna untuk mendapatkan total angsuran per bulan. Nominalnya lebih kecil dibandingkan dengan KTA, namun Anda harus memiliki jaminan untuk mengajukan produk kredit multiguna tersebut.

loading...
Click to comment
To Top